Penampakan Setan dan Hantu

Selain itu ada satu hal menarik yang perlu pembaca ketahui yaitu sebagian besar cerita orang melihat setan atau hantu mengambil waktu di malam hari dan berlokasi di tempat sepi.

Tulisan terkait:

Pernahkah anda memikirkan pertanyaan berikut “kenapa setan tidak menampakkan diri di siang hari, misalnya di tengah-tengah lapangan sepakbola pada saat ada pertandingan antara klub PERSIJA melawan klub PERSEBAYA yang disiarkan televisi secara nasional?” Berikut ini mungkin kira-kira jawaban dari sebagian pembaca buku ini:

  • Karena hantu takut matahari.
  • Karena hantu tidur di siang hari.
  • Karena hantu adanya di malam hari.

Sebagian pembaca yang lain saya harap menjawab seperti berikut: malam hari adalah kondisi dimana umumnya lingkungan menjadi gelap dan aktifitas mahluk hidup berkurang sehingga suasana sunyi senyap. Pada keadaan yang cenderung gelap indera kita hanya mampu menguasai dan mengenali sebagian kecil lingkungan di sekitar kita. Dengan berkurangnya penguasaan indera, perasaan kita menjadi lebih kurang aman, merasa asing, merasa was-was, berakibat jantung pun berdetak lebih cepat, napas menjadi kurang teratur, tentunya atas instruksi otak. Indera kita menjadi lebih awas dan berhati-hati, dengan kata lain kita menjadi lebih penakut. Ketidaknormalan indera kita ini berpengaruh pada kinerja otak yang menerjemahkan sinyal-sinyal listrik dari saraf-saraf indera dengan tanggapan yang berlebihan.

Bila mendengar bunyi mencurigakan kita langsung tersentak, mudah kaget. Bila melihat suatu sosok mencurigakan kita menjadi berdebar-debar bahkan mungkin ketakutan. Nah karena dari kecil kita biasa didoktrinasikan adanya setan yang menyeramkan ditempat gelap dan kita pun percaya akan hal itu maka yang paling kita curigai dan paling kita takuti di tempat gelap adalah kemunculan setan seperti pocong, kuntilanak, sundel bolong, wewe dan kawan-kawannya. Bahkan seandainya seseorang yang penakut berjalan sendirian di tempat gelap di malam hari kemudian mendengar ada suara wanita yang sebenarnya adalah suara si mbak Inul Daratista, maka si penakut itu pun tetap akan mencurigainya sebagai suara kuntilanak daripada suaranya mbak Inul bukan? Ini sama seperti pengalaman kita bila berada sendirian di tempat asing yang belum pernah dikunjungi, mungkin seperti berada di Timtim, di Pidie Aceh, di Bronx New York, di Moskwa, di Jenin Palestina dan tempat-tempat lain yang asing bagi kita.

Copyright: Irwan Ghailan, buku “Salah paham tentang Setan, Jin, Hantu, Roh dan Sihir”

About these ads

9 responses to “Penampakan Setan dan Hantu

  1. Keberadaan dimensi lain walaupun saat ini belum bisa dibuktikan secara ilmiah tetapi bukannya berarti hal tersebut tidak ada.. saya selalu berusaha tidak langsung memvonis bahwa hal tersebut tidak ada..

    Sebagai contoh fenomena oobe (out of body experience) / ilmu ngeraga sukma, ternyata scientist berhasil menemukan cara untuk melakukannya..
    ini beritanya :

    http://news.bbc.co.uk/2/hi/health/6960612.stm

    http://en.wikipedia.org/wiki/Out-of-body_experience

    demikian juga dengan fenomena esp (extra sensory perception) ,

    http://en.wikipedia.org/wiki/Extra-sensory_perception

    bagaimana penjelasan ttg blind test yg saya lakukan? bagaimana penjelasan pakde saya dan teman saya bisa sama2 mengatakan jin berbentuk manusia kepala kerbau? (padahal pakde saya meninggal saat saya kelas 1 smp) dan teman saya itu adalah teman sma saya? *yang tidak mungkin bersekongkol* :D , btw, teman saya melihatnya pada saat siang loh..

    bagaimana penjelasan beberapa orang yg mengatakan jika mereka merasa ingin bunuh diri saat di jembatan golden gate?

    http://en.wikipedia.org/wiki/Golden_Gate_Bridge#Suicides

    menurut teman saya yg mengaku mempunyai indra keenam tadi, dia mengatakan bahwa jin juga banyak yg tidak bisa melihat kita (yg bisa melihat kita hanya sedikit), juga tidak semua jin bisa dia lihat.. hanya jin yang memiliki energi yg kuat yang bisa dia lihat.. memang sangat subyektif dan silahkan untuk tidak percaya.. tetapi setidaknya bisa digunakan sebagai wacana..

  2. benernya hantu tu paan ce?????
    ada ga ce hantu tu?
    hantu tu bobo ga??
    hantu makan apa?
    masa maem menyan?kann ga enak menyannya
    kasian ya kalo jadi hantu,,ga bisa maem enakk
    maem menyan ma bunga doank
    enakan jadi manusia,,bisa maem nasi,,sate,,ma yang kaen laen..
    aku bersyukur jadi manusia…

  3. Betul MAS!!!!!

    itu hanya visual kita dan dicampur emosi ketakutan
    dalam keadaan malam gelap gulita,
    sehingga terpikirlah hantu…..

    aku rasa semua itu hanya akal pikiran manusia..

    tapi tetep aja alam lain ada, spt yg Al qur`an sebutkan

  4. Assalamualaikum. Saya ingin membuat pertukaran link dng saudara. Saya harap saudara tidak keberatan. Salam perkenalan dari saya :)

  5. bagaimanapun kita musti bersyukur menjadi manusia.

    karena kita diberi akal dan nafsu.

  6. Ping-balik: Kisah tentang Setan dalam Masa Kecil & Kehidupan Saya « setan, jin dan hantu ….. hanya imajinasi!

  7. Sangat banyak maujud lain di alam ini selain makhluk-makhluk yang terpersepsi dengan indera kita, misalnya malaikat, iblis, setan, dan jin. Kalau anda seorang muslim, bukankah salah satu surah dalam al-Qur’an adalah surah jin? Dan konsep tentang jin serta makhluk semisalnya ini, kalau toh tidak dapat dieksperimenkan dilaboratorium, namun konsep tentang keberadaannya menjadi anutan sangat banyak manusia, baik mereka yang sudah maju ilmu dan pengetahuannya maupun yang tidak, artinya konsep ini adalah sesuatu yang mutawatir dan diakui oleh akal masyarakat.

    IRW: Maulana Muhammad Ali menyatakan bahwa Jin dalam surat Al Jin adalah enam orang Yahudi yang bertemu Nabi Muhammad di luar kota Mekkah. Link di sini: http://setanhantu.wordpress.com/2007/11/05/jin-dalam-kisah-al-quran-bukan-mahluk-gaib/ Nah setelah baca MMA tsb keyakinan saya menjadi berubah bahwa Jin bukanlah mahluk gaib.

  8. hantu atau apapun namanya, bagaimanapun juga hanya merupakan sarana pembanding untuk mengenal hakekat dirisendiri.
    pikir terus ………………….

    iRW: apa buktinya kalau hantu itu ada?

  9. kok hantu serem ya :D

    Foto Hantu, Foto Setan, Foto Jin

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s