Arti Nama ‘Pontianak’ ternyata … Kuntilanak

Ya itulah yang saya temukan di Wikipedia beberapa bulan yang lalu.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kuntilanak

Kuntilanak (bahasa Melayu: puntianak, pontianak) adalah hantu yang dipercaya berasal dari perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir. Nama “kuntilanak” atau “pontianak” kemungkinan besar berasal dari gabungan kata “bunting” (hamil) dan “anak”.

Salah seorang pengunjung (nampaknya orang Malaysia) juga menyebutnya sbg Pontianak.

http://setanhantu.wordpress.com/2007/10/31/manusia-terlahir-dengan-sifat-penakut-pada-apa-saja/

Aslkm?Slm sejahtera buat pembaca sekalian, buat pertama kalinya saya melayari laman web ini, sesungguhnya, pendapat dan komen-komen anda semua menarik dan logik diterima pakai. Memang, perasaan takut seseorang boleh memanipulasi dan melemahkan. Apatah lagi, jika perasaan takut seseorang itu terbawa-bawa didalam sesuatu situasi atau keadaan. Contohnya didalam rumah, tempat kerja, sekolah mahupun ditempat lain. Yelah, kadang-kadang, apabila terdengar bunyi yang aneh, timbul perasaan takut yang amat sangat. Kemudian, tiba-tiba pula ternampak sahaja sosok bayangan putih, kemungkinan akan bermain di fikiran tentang kedatangan si Pontianak/Kuntilanak atau hantu-hantu lain. Sedangkan, sosok putih itu hanya bayangan mata sahaja akibat dari perasaan takut tadi. Ataupun hanya selendang putih dari rumah jiran sebelah yang melayang dihadapan. Heheheh…

Cuma saya jadi bingung sendiri, kok salah satu kota di Kalimantan Barat namanya Pontianak? Apa sesuai dengan penjelasan di atas? Jadi daerah sana banyak juga Kuntilenak eh Kuntilanak-nya?  Yang merasa dari Kalimantan silahkan urun rembug di sini.

About these ads

21 responses to “Arti Nama ‘Pontianak’ ternyata … Kuntilanak

  1. Nama ibukota Kalimantan Barat memang Pontianak yang berasal dari nama Kuntilanak yang oleh orang Melayu disebut Pontianak.

    Waktu pertama kali Pontianak di bangun tahun 1771, daerah itu merupakan persimpangan antara Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Dimana pada waktu itu banyak terdapat hantu kuntilanak.

    Lebih jelasnya bisa berkunjung ke situs Kota Pontianak.

    IRW: Thanks

  2. Indeed! ;-) Pontianak memang berarti kuntilanak! Asyik ya … kita punya kota gede dg nama berbau2 horor.

  3. Serem…
    Padahal dalam waktu dekat ini saya ada tugas ke sana.

    (** berdoa dulu ah… **)

  4. bener kok… sekitar 3stgh tahun y.l saya sempet kerja di pontianak (ptk) selama 7 bulan. dari para staf saya tau arti kata pontianak bahwa kuntilanak karena dulu memang di situ banyak kuntilanak. sampe sekarang juga kadang2 masih spooky, bahkan ada yg sempat nongol di hotel tempat saya kerja. alhamdulillah saya tdk pernah memergoki langsung. hanya staf saya, yang kemudian selama seminggu tidak berani keluyuran sendirian ke lantai 5 tempat mbak ponti berdiri di pojokan. percayalah, banyak cerita seram di pontianak… :-)

  5. Hah … ya ampun, saya ini keturunan orang pontianak, tapi ga pernah injak tanah leluhur itu. Dan kaget sekali kalo nama Pontianak ternyata bermakna Kuntilanak … apa kata kakek saya ya?

  6. wow… aku malah baru tahu neh… kok seyemmm amat seh????

  7. Saya juga pernah liat yang begituan tapi bukan di Pontianak, melainkan di Jkt, yang katanya kota gak pernah “tidur”. Serem juga ya…?!@#

  8. Pontianak = Kuntilanak ( ah yang bener )

  9. keren nih negara kita…hahahahah…

  10. tapi kuntilanak sudah berjanji bahwa dia tidak akan mengganggu anak keturunan AL Kadri…jadi jangan takut kalo di ganggu ama kunti aduin aja ama sultan Hamid

  11. Weheeee keren keren! Kasih tau temen ahhhh,,, kalo jakarta artinya setan juga gak ya??? Mungkin Jakarta = Tuyul hehehe

  12. aduh kok pada bicarain ibukota pontianak itu kuntilanak ya?>??

  13. Emang nya betul yah Pontilanak adalah Kuntilanak. Baru tau…… oh iya jadi nya kuntilanak adalah perempuan hamil yang meninggal dunia atau wanita yang meninggal karena melahirkan dan anak tersebut belum sempat lahir…… Pantesan……

  14. pontianak itu kan didirikan sma buyut w,w g usah tkut w kan kturunan alkadrie……!

  15. ah masak sih…
    saya dry pontianak baru tau kalo pontianak asal katanya kuntilanak…
    pernah sih saya di critain nenek saya kalo pontianak dulunya suatu prkampungan yg banyak mahluk gaib nya termasuk kuntilanak….

  16. Jangan pernah takut sobat kalo datang ke-Pontianak , emang bener Pontianak itu asal usul nya dari Kuntilanak . Tapi bukan berarti sampe sekarang Kuntilanak itu adanya hanya di Pontianak , di Kota2 lain kan juga banyak tu kuntilanak ..
    Saya aja selama tinggal di Pontianak selama 14 Tahun , belum pernah memergoki kuntilanak dengan mata kepala sendiri . …

  17. saya tahu kota pontianak adalah kuntilanak
    dari tman2 sya yg asli orang sana
    saya pernah bkerja d pontianak slama 6 bulan lbih

  18. gthu ke cerita nya ..
    Baru taw nie
    Uyy Yeeee

  19. SAYA LAHIR DAN BESAR DI PONTIANAK…SAMPAILAH SEKARANG…
    MEMANG BENAR, KATA “PONTIANAK” BAHASA ASLI MELAYU KAL-BAR YANG BERARTI “KUNTILANAK” DALAM BAHASA INDONESIA.
    BICARA SOAL “KUNTILANAK” ORANG-ORANG ASLI KAL-BAR SUDAH BIASA, APA LAGI YANG TINGGAL DI PERKAMPUNGAN. DIPIPISIN / DIKENCINGI “ANTU PONTIANAK” (KUNTILANAK) ITU SUDAH BIASA.

    DAN MASYARAKAT KAL-BAR PALING PAHAM DENGAN PENANGKAL KUNTILANAK. KALAU PNGEN TAU..N PNGEN NGERASAIN GIMANA BERADA DI DEKAT KUNTILANAK, DATANG AJA KE KAL-BAR.APALAGI KALAU SAMPAI DIKENCINGI……HHAHAHHAAH….SEWAKTU KECIL, AKU 3 X DIKENCINGI KUNTILANAK.

  20. KALAU YANG NGERASA DARI PONTIANAK GAK TAU TENTANG KUNTILANAK KAL-BAR.N DIMANA TEMPAT2 YANG BANYAK DIHUNI KUNTILANAK.BERARTI ORANG ITU BUKAN ASLI PONTIANAK.

Berikan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s