Salah Paham Mengenai Penglihatan Mata Batin

Selain itu ada satu hal yang ingin saya jelaskan kepada pembaca semua yaitu mengenai penglihatan batin atau indera keenam. Sering kita mendengar ada orang yang mengaku bisa melihat makhluk gaib dengan melalui penglihatan batin. Mata orang itu bisa terbuka atau terpejam atau tertutup tapi orang itu mengaku bisa melihat wujud makhluk gaib / roh orang mati, sebagai contoh anak kecil dalam film hollywood sixth sense. 

Sambungan dari: Memburu Hantu, Memburu Khayalan

Rekan-rekan pembaca, yang disebut manusia dengan “melihat” adalah penafsiran otak manusia atas sinyal-sinyal listrik yang dikirimkan oleh syaraf-syaraf dibelakang mata manusia. Sebelumnya lensa mata manusia menangkap cahaya yang berasal dari matahari atau sumber cahaya lainnya maupun pantulan cahaya dari suatu benda. Nah Cahaya yang masuk kedalam lensa mata ini diubah oleh enzim dan sejenisnya menjadi sinyal-sinyal listrik yang dibawa oleh syaraf menuju otak (penjelasan mengenai proses ini dapat pembaca temui di VCD Harun Yahya mengenai tubuh manusia yang saya lupa judulnya).

Ketika saya dan rekan-rekan pembaca memejamkan mata, maka dalam otak kita dapat muncul berjuta-juta gambar dari macam-macam wajah manusia, istana yang megah, gubuk reot, dinosaurus, siluman babi ngepet atau bahkan artis-artis yang ganteng dan cantik. Jadi ketika kita memejamkan mata berarti tidak terjadi proses penglihatan. Yang ada hanyalah proses manusia berimajinasi / berkhayal. Ya seperti anda bermimpi ketika tidur. Sekali lagi saya tegaskan yang disebut penglihatan batin pada dasarnya hanyalah hasil kita berimajinasi / berkhayal. 

Selain itu, jujur saja saya tidak melihat ada hubungan sedikitpun antara melukis dengan mata tertutup dengan gambar seram yang berhasil dibuat di kanvas seperti dalam acara Pemburu Hantu. Itu mah hanya kemampuan seseorang untuk melukis dengan mata tertutup. Dengan mata terpejam seorang pelukis yang sudah terlatih bisa dengan mudah menggambar wajah abstrak sosok seram setan tengkorak hingga gambar jelas dari wajah lucu Sponge Bob.

Penglihatan batin berbeda dengan apa yang dilakukan oleh kelompok bela diri Merpati Putih (MP). Sebagian anggota MP mempunyai kemampuan berjalan dengan aman di tempat yang banyak halangan dengan mata tertutup atau bahkan bisa membedakan warna-warna sederhana dari sebuah balon dengan mata tertutup. Yang dilakukan angota MP adalah dengan cara mendeteksi perbedaan panas dan getaran yang ada disekitar mereka bukan dengan penglihatan batin. 

Ada hal menarik saya kutipkan dari buku Misteri Hantu (The Unexplained Series: Ghosts) karya John Guy terbitan Elexmedia Komputindo tahun 2001 pada halaman 30 mengenai pemburu hantu di Eopa dan Amerika Serikat:

Di banyak tempat pemburu hantu yang antusias hanya bisa memburu “ekornya” sendiri. Ketika ahli paranormal diminta untuk menyelidiki bangunan yang angker, apakah sepenuhnya yakin bahwa fenomena yang mereka temui bukanlah hasil dari pengalaman bawah sadar mereka? berdasarkan penelitian yang dilakukan Brooke’s Smith, Hunt dan Batchelor, hasil (penampakan hantu dan gejala lain sejenisnya) akan diperoleh ketika kemungkinan terjadinya sebuah peristiwa paranormal sungguh-sungguh diyakini dan sangat diharapkan untuk terjadi. Sesungguhnya kita perlu waspada dengan situasi ketika penyeldiik paranormal yang sangat antusias telah menemukan roh-roh halus di tempat yang sebelumnya tidak ada peristiswa paranormal. Mungin penggunaan peralatan canggih yang digunakan menjadi tidak realistis lagi kalau dugaan bahwa pikiran manusia dapat mempengaruhi dunia fisik telah terbukti.

Sumber: Revisi untuk buku Salah paham tentang Setan Jin Hantu Roh dan Sihir,
Irwan Ghailan, Nov 2004

About these ads

42 responses to “Salah Paham Mengenai Penglihatan Mata Batin

  1. apa bedanya penglihatan mata bathin dengan bisikan kata hati??? mohon penjelasan
    thanks

    iRW: saya tidak tahu apa itu bisikan kata hati?

  2. bisa iya bisa tidak, tidak perlu MP atau PH ayo belajar sama saya bareng-bareng.Kalau nga jadi mata keranjang ya matanya belek.. canda oummmmmm.

  3. kan dah jelas bedanya …
    melihat dengan mata, mendengar dengan telinga

    wakkakakakaaa …

  4. assalamualaikum..

    lam knl ya…
    maaf ni sbelumnya saya mau tanya ni… anda berbicara mengenai mata batin dapet dari mana ni sumbernya…
    kalo mata batin dptnya dr buku ya jelas lah itu hanya khayalan belaka..
    akan tetapi allah swt menciptakan ada yang namanya ILMU yang diantaranya ILMU mata batin atau TERAWANGAN yang ini pun kadang hanya dimiliki oleh 1 berbanding 1000 orang kali krn tidak lah gampang seseorang untuk mendapatkannya…
    oleh karna itu lah butuh yang namanya SEorang GURU yang bisa membimbing dan mengajarkan ILMU tsb,..
    kalo orang yang ngaku bisa menggunakan mata batinnya tetapi dia belajar tanpa GURU ya sama aja dia MENGKHAYAL… dan kalo saya perhatikan MP / MERPATI PUTIH knp mereka bisa seperti itu ya krn ada GURUnya.. dan untuk PEMBURU HANTU kok bs gitu pun krn ada GURUnya.. jadi segala sesuatu yang berhubungan dengan Kebathinan / olah bathin harus Ada GURUnya…
    maka kita yng hanya bisa komemntar tanpa belajar pada GURU ya baiknya jangan komentar lah .. TAKUTNYA ADA YANG TERSINGGUNG DAN TIMBUL FITNAH…
    KARNA ORANG YANG BELAJAR TANPA GURU MAKA GURUNYA ADALAH SETAN…
    DAN ORANG YANG BERILMU DAN TAU LEBIH BANYAK MENGERTI DAN DIAM DARI PADA ORANG YANG SOK TAU BAHKAN TIDAK TAU…

    thanks ya maaf jika ada salah kata..
    wassalam…

    IRW: tentu saja saya belajar selama ini membangun cara pikir saya lewat / ada gurunya yaitu buku atau teman/ulama. tapi nabi ibrahim belajar tanpa guru, jadi anda pikir ibrahim berguru kepada setan?

  5. setuju dengan Pak Putra.

    kalo di bilang smua penglihatan mata bathin adalah jenis khayal, lalu apakah yang anda lihat di hadapan anda semua? apakah anda pikir NYATA?

    IRW: semua yang bisa difoto baik dengan bantuan teleskop (bintang/galaxy) maupun mikroskop (bakteri) adalah real /nyata. selain itu, entah mata batin, entah mimpi entah wangsit adalah imajinasi, bukan hal real/nyata karena tidak bisa difoto atau diukur dengan alat ukur materi lainnya.

    ruangan, PC/laptop, anda merasa, melihat, mendengar, dan seolah2 anda berada di dalam ruangan itu bukan?

    sesungguh nya Ruangan ITU lah yang berada di dalam Anda, bagaimana bisa?

    coba anda cerna, kita terdiri dari apa? bagaimana cara kita melihat? cara kita merasakan, APA yang melihat? apa yang merasakan?

    inti nya adalah rahasia di balik materi. jika anda sudah mengerti saya yakin topik ini TAK AKAN pernah ADA.

    smua nya adalah TIADA, TIADA YANG ADA SELAIN ALLAH, nah jika kita ini tiada, lalu siapa yang melihat? siapa yang mendengar?

    RUH

  6. Em, Kalo ditimbang tinbang, yang namanya hantu dan ruh dan yeng lain itu namanya sie gak pernah ada kalo kita baca buku yang ngegambarin hal itu gak ada. brapa banyak buku sie yang bisa dijadikan refrensi untuk hal yang satu itu. gini aku nie orang bali jadi percaya gak percaya kita harus cinta kepada akar budaya yang kita tempatikan. termasuk di bali, percaya dengan adanya yang macem2 itu. entar nyambung lagi

  7. assalamu’alaikum om……

    saya cmn nmpang lewat sama pngen tanya aja apa pengertian anda mengenai penggalan ayat dibawah ini…..
    “tidak semata – mata aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk bersujud kepada-Ku”

    matur nuwun waktunya…..

    wassalamu’alaikum Wr.Wb.

  8. Wadoh,, ente terlalu modern bro.. semuanya kudu bisa dibuktiin pake alat :) Tapi saya setuju bahwa Mahluk halus seperti Jin gag bisa diliat ama manusia, kalaupun bisa tentu si Jin-nya yang menampakan diri atau si manusia mendapat bantuan Jin lain yang lebih kuat (Kecuali para Nabi dan Orang2 yang sangat dekat kepada Allah yang memang bisa melihat dengan matanya, tentu seizin Allah).

    Tapi satu poin yang kudu dicatet ama ente bro.. ga semua yang ga bisa dilihat itu berarti ngga ada. Contohnya ya Udara, dalam tekanan normal kita ga bisa Liat, walaupun difoto baik dengan bantuan teleskop (bintang/galaxy) maupun mikroskop (bakteri) tetep gag keliatan.. Tapi udara itu ada bro…

  9. Buat bpk putra slm kenal dr sy. Sy setuju dg pendapat bpk. Mmg tdk semua orang bs melihat dg mata bathin/terawangan. HANYA ORANG YANG PERNAH MELIHAT SENDIRI DAN MEMPELAJARINYA YANG PERCAYA DENGAN MAKHLUK GHOIB. Mnrt saya ilmu Allah itu tak terhingga batasannya (termasuk ilmu terawangan/mata bathina) dan yang dikuasai manusia itu hanya setetes air di semudera. Saran saya buat bapak ANDA YANG TIDAK BUTA DAN BISA MELIHAT JANGANLAH BERDEBAT TENTANG ARAH MATAHARI DENGAN ORANG ORANG BUTA YANG TIDAK BISA MELIHAT. KETIKA SAYA MENGETAHUINYA ITU AKAN SANGAT KONYOL DAN MENGGELIKAN…
    mohon maaf jk ada tulisan yang kurang berkenan pada smua yg membaca.
    MATURNUWUN

  10. Akh dangkal amat sih prosesnya ….?
    masak proses penglihatan Mata bathin(mata hati/hatinurani) kok disamakan dengan mata merem lalu timbul berbagai imajinasi…???.
    Lucu amat spritual nya….!

    Kalau gitu caranya apa bedanya dengan Para Nabi menerima wahyu.? , melihat dan bertemu malaikat jibril dan Tuhan….?,
    Kalau proses penglihatan hati nurani disamakan dengan penglihatan mata logika, maka sangat dangkal dan bodoh nya manusia beriman…, bisa-bisa Agama wahyu bisa disebut hasil Imajinasi….???

  11. Ha…ha….ha..
    kok pembahasannya jadi ngawur nggak ada hubugnnya sama sekali antara judul dan uraian.
    ini ornag bisa apa nggak ngebahas mata bathin….???

    Judul nya MATA BATHIN….?
    kok uraiannya jadi mata otak…..?????????
    Kok nggak tahu bedanya antara Bathin dan Otak…??

    Bathin itu(qolbu), organ fisiknya Jantung tempat peredaran darah, dimana di dalam Qolbu disanalah yang diterangkan dalam ayat Alqurán disebutkan bahwa, Alquránnul Adhim(kekal) berada didalam dada orang -orang yang ber ilmu. (áfala yas úruun…?).

    Kalau penglihatan mata itu prosesnya melalui fikiran (otak), seperti yang anda bahas tsb diatas, dalam otak itu ada dua bagian kiri dan kanan. Kiri fungsinya matematis, eaxact, kongkrit, nyata terlihat. Kanan fungsinya, emosi, imajinasi, musik,spiritual. (Afála taqiluun…..A’fála taqfurun….?)

    wah …masak sih tubuh sendiri aja kagak tahu…?
    coba deh belajar ngaji lagi yang bener…!.
    kalau belum bener jangan bikin makalah yang memalukan.

  12. coba ente nulis kayak apa… anak SD juga bisa ketawa kayak sampeyan …

  13. Ya syukurlah kalau anda ngerti dan sadar, bahwa anak SD juga mentertawakannya.
    Dikemanakan akal anda….? (afala taqilun)

  14. Wah, musti dikasih nih orang! Apa anda sendiri pernah memiliki ilmu bathin? Kayanya lo cuma pengen mengundang kontroversi aja ya? Sob, pahami dulu, baru buat artikel. Jangan dari buku, buku dan buku mulu! Anda bisa jelasin tentang ilmu trawangan, ngrogoh sukma dll? Mata batin itu termasuk indra keenam atau juga tenaga dalam. Baca noh artikel gua: Kekuatan terselubung dan dahsyat pada manusia. Itu sedikit penjelasan mengenai kekuatan yang ada pada manusia. Mata batin juga termasuk bro…! Pengen tau oran yang punya mata batin? Kesini aja, tak temuin ama orangnya!

  15. mas IRW kaya lagu na slank yg judul na tong-kosong deh…ngebuang waktu saya percuma ne mas baca artikel ga mutu gini…lain kali klo buat artikel yg dah mas kuasai ajah jd ga percuma gini….bukan na saya menggurui tapi yah emank ga mutu ne artikel…jujur menyakitkan, gs jujur malah bikin mas na ngelanjutin kesalahan…

  16. tapi buat si putra di atas,,,lo juga bego…lo pikir ga ada yg nama na belajar sendiri/ otodidak…orang bisa belajar dari pengalaman….coz pengalaman guru terbaik…ga mesti berbentuk yg nama na guru itu…jgn sok klo lo sendiri masih cetek…key

  17. hahaha,, keren nih topiknya. pasti cari2 pengunjung ya.
    aku salut buat pembuat ni artikel, artikel ni bs membuat bangkit semangat orang2 yg gagal mencari RAHASIA MATA BATIN.. mungkin pembuat artikel ni termasuk salah satu orang yang gagal mencari RAHASIA MATA BATIN.
    pasti yang baca artikel ini ada 2 kemungkinan. klo percaya y udah. klo g percaya silahkan tinggal komen..

    semangat terus aja, jangan takut mengungkapkan kata2, ntar jadi jerawat loo..
    tp ingat ASAL USUL aja deh = klo asal g perlu usul, klo usul g boleh asal.
    sedikit saran aj, klo belajar jangan setengah2.
    -ilmu itu luas, selama ada rasa yang membatasi kita maka kita dapat ilmuny jg sekian tersebut.
    g ada sukses selama ada kata nyerah.
    g ada kata berani selama ada kata takut.
    -memang orang yg berhasil cm 1:1000 orang.
    -makanya orang yang berhasil mayoritas punya tekad yg kuat. dan kebanyakan biasanya mereka melupakan kehidupan dunianya..
    -tp selama kita masih bergantung/mikirin ama dunia kerja,perkuliahan, atau malah yang bergantung ama golongan pencak silat. jelas sekali sulit memperolehnya karna dr diri kita msh blm ada kata iklas thd kehidupan dunia. lha guru pencak silat aja jg mikirin anak istri jg kok,apalagi kita2..

    SEmangat aj bro,, g usah goyang iman u..
    karna tuhan tau seberapa besar kecil iman kita..

  18. Assalam wr wb
    buat Pembuat artikel ini ,,,,,,,,, SemuA yang ghoib itu Pasti ada ,,,, mau kita percaya atay tidak ,,,,, nyatanya bisa kita rasakan ,,,,, seperti kta sdang mmbaca lailahaillalah,,,, ktika kta mbca tsb psti hti kta tentram ,,, itu tndanya ada swatu energi yg masuk k dlam dri kta ,,,, n bner kta mas na ,,, klo smua itu imajinasi trus apakah agama yg kta anut trmasuk hsil imajinasi ,,,,,,mengenai nabi sulaiman ,,,,Allah itu tanpa batas ,,,tdak bsa kta memikitkan dzat tsb,, Dan allah itu sangat maha tau ,,,,DklA dia brkhndak MATILAH KAW y Akan mati,,,,jadi,,,jka kta bcara tntang MATA BATIN ITU TDAK ADA APAKAH ITU TIDAK TERLALU LANCANG ,,, karena MASIH BNYAK YG KTA TDAK TAW D LUAR SANA ,,,,,,,,,,Wasalam

  19. hahahahahaha…. orang yang ga percaya sma hal yg goib,…
    buktiin aja ntr klo lu udh mati n udah beda dgn alam manusia yg msh hidup,. sbg manusia, qta memang tdk bsa melihat jin tetapi sebaliknya, jin malah bsa liat manusia. itu emg udh kodratnya,. satu hal harus di ingat, nabi sulaiman as. kisah yg rata2 smw orang sdh tw bahwa smw jin tunduk padanya atas izin ALLAH SUBHANAWATA’ALA.. dan apakah nabi sulaiman as. hanya berhalusinasi atw berkhayal ketika dia menyuruh jin ifrit melakukan apa yg di kehendaki nabi sulaiman as…???????
    SARAN DARI SAYA : SEBELUM ANDA MEMBACA BUKU ATW INFORMASI TTG APAPUN, TLG PERKOKOH DULU IMAN, KUATKAN DASAR PEMAHAMAN ANDA TTG ISLAM. JGN MELIHAT SEGALA SESUATU HANYA DARI SATU SUDUT PANDANG SAJA. COBALAH UTK BERPIKIR SECARA OBJEKTIF. SEBELUM BACA BUKU ” HARUN YAHYA” BACA DAN PAHAMILAH ALQURAN SEBELUMYA. OIA SATU HAL LAGI, JGN TERLALU BERPAKU PADA LOGIKA, KARENA QTA ITU MANUSIA. YANG HANYA BERPIKIR SECARA LOGIKA SAJA DAN TANPA ADA HATI ATW JIWA ITU HANYALAH “PROCESSOR” KMPTR. WKWKWKWKWKWK……

  20. kok kayaknya terlalu maksa pemikiranya,,,,lama2 kok kayak “atheis” hal ghaib g bisa d logikan mas…..

  21. Assalammualaikum… Sebetulnya mata batin adalah suatu kharomah dari Alloh SWT. Kebetulan saya sedikit tahu soal itu…

  22. numpang lwat,,, saya setuju ma bang putra,,, lau ilmu nya gak nyampe jangan asal bkin pernyataan yang gak benar,,, lau gni kan malu jdinya,,,, malah dpet dosa gi,,, nyebarin hal yng g’ bnar…

  23. ajib rame bener koment koment….
    modern boleh… logika boleh… tapi harus seimbang dalam menimbang :D
    klo mata bathin itu ndak ada ya sudah itu kepercayaan anda toh anda yang merasakanya juga nantinya..

    salam

  24. Saya bingung… kalo dibilang jin itu khayalan… di Al Qur’an dituliskan makhluk ciptaan Allah itu terdiri dari Manusia dgn alamnya, Jin dengan alamnya dan Malaikat. Artinya… ANDA katakan Al QUR’AN itu HASIL HAYALAN MANUSIA dooong….

    Memang kalau setan itu dalam bahasa arab artinya SIFAT BURUK…. tapi koq… di uraian ANDA… seolah-olah setan itu ada makhuknya (bendanya) sedangkan itu adalah kata sifat bukan kata benda…. karenanya disebutkan dalam Al Qur’an setan itu ada dalam diri JIN dan MANUSIA (surat Annas)

    Saya sampaikan ini karena sangat penting bagi saya dan UMAT ISLAM SEDUNIA. Selanjutnya saya MINTA KLARIFIKASI anda !!!……

    TERIMA KASIH….

  25. Saya bingung… kalo dibilang jin itu khayalan… di Al Qur’an dituliskan makhluk ciptaan Allah itu terdiri dari Manusia dgn alamnya, Jin dengan alamnya dan Malaikat. Artinya… ANDA katakan Al QUR’AN itu HASIL HAYALAN MANUSIA dooong….

    Kalau setan itu, dalam bahasa arab artinya SIFAT BURUK…. tapi koq… di uraian ANDA… seolah-olah setan itu ada makhuknya (bendanya) sedangkan itu adalah kata sifat bukan kata benda…. karenanya disebutkan dalam Al Qur’an setan itu ada dalam diri JIN dan MANUSIA (surat Annas)

    Hantu… kalau dalam pengertian diatas dan pemahaman saya adalah bentuk imajinasi manusia yang bisa terlihat karena adanya pembentukan energi baik oleh otak orang itu sendiri atau atas bantuan jin yg memiliki kemampuan tersebut. (mampu melakukan penampakan) atau rekayasa jin atas otak manusia agar seolah-olah melihat ssuatu, sehingga kadang-kadang objek bisa di lihat oleh satu orang saja atau beberapa sedangkan yg lain tidak bisa.

    Saya sampaikan ini karena sangat penting bagi saya dan UMAT ISLAM SEDUNIA. Selanjutnya saya MINTA KLARIFIKASI anda !!!……

    TERIMA KASIH….

  26. baca aja surat al-baqoroh ayat 1 sampai 5 nah baru ente tau kalo alam ghoib itu ada.dan itu adalah tanda dari keimanan.kalo ente ga percaya berarti ente kafir broooooooo

  27. Hantu? wkwkwkwkwkwk…. kalo lo percaya hantu itu ada sama aja lo lebih goblok dari orang yang ngaku2 bisa ngeliat hantu!!!
    buktiin ke gua kalo hantu itu memang ada!!!!!

  28. Ada Empat Tahapan Untuk Menajamkan atau Membersihkan Mata Batin :

    Pertama, Mengosongkan hati dari sifat-sifat buruk seperti iri, dengki, benci, dan dari sifat keduniawian.

    Kedua, Membuang daya khayal yang mengganggu keyakinan hati kemudian berpikir tentang hal-hal yang ghoib yang kita ketahui.

    Ketiga, Mendawamkan ( Kontinue ) sholat dan berzikir pada malam hari karena kesepian malam dapat menambah kekhusuk-an hati.

    Keempat, Meningkatkan Iman dan Kecintaan kepada Allah yaitu : mencintai Allah dari segala-galanya selalu Munajad ( mohon pertolongan Allah ), dan Istikharoh ( meminta petunjuk dari Allah SWT ) Hati manusia itu ibarat sehelai kain putih yang apabila manusia itu berbuat dosa maka tercorenglah / ternodailah kain putih tersebut dengan satu titik noda kemudian jika sering berbuat dosa lambat-laun sehelai kain putih itu berubah menjadi kotor / hitam” . Jika hati nurani sudah kotor maka terkunci nuraninya akan sulit menerima petunjuk dari Allah.

  29. ni kok banyak komentar kok belom dibalas ama penulis sih? meski begitu, aku hargai sih .. tulisannya bagus, inspiratif,, meski ada beberapa hal yg perlu dikritik …. dan udah dikritik bagus ‘ma para komentator di atas ,, ok.. salam kenal aja ..

  30. atas dasar apa anda menyamakan cara bljar nabi dgn manusia biasa sperti kita??
    itu membandingkan suatu hal yg sngat jauh di luar nalar,jgan prnah mnyamakan sesuatu hal yg d miliki oleh nabi dg sesuatu hal yg d miliki manusia biasa,,

  31. kalo yg nulis artikel ne gentle,tanggepin tu smua koment….
    tunjukin lok loo pnya dsar ny…
    jgn acuh tak acuh..

  32. rukun iman ada enam,,dan salah satunya percaya kepada hal hal ghaib….jika anda seorang islam dan mengerti anda tidak perlu membahasnya dengan lebih lanjut lagi……………..terima kasih
    assalamualaikum……………….

  33. Asslamualaikum………

    Maaf Sbelum nya………Siapa Yg Sebenarnya Tidak Percaya Sama Hantu/roh Itu SALAH…,Sebab Didalam Bacaan auzubillahiminasyaitanirajim Itu Artinya “Aku Berlindung kepada Allah Dari godaan Syetan Yg terkutuk”

    Nah,,Bacaan Tersebut Tidak Mungkin Berbohong?
    Karena Itu Bacaan Allah,,Tidak Mungkin Berbohong…

    Jadi yg bilang tidak ada Hantu/roh Itu SALAH…..

    Mata Batin Itu Sebenarnya Bisa Dibuka….
    Cara Membukanya Baca Di Bwh ini…..Jgn Main”

    A’udzubillahiminassayitonnirojim.
    Bismillahirohmannirohiiim.
    ya khobir ala ya,lamu man kholaqo wahuwal latiful khobir. 70x
    laa tudrikuhul absoru wahuwa yudrikuhul absoro wahuwal latiful khobir 70x
    allohuma ya bathinu,ya bathinu,ya bathinu. 300x
    istigfar …………………………………..(70x)
    sholawat nabi …………………………(70x)
    al-fatihah ……………………………….(1x)
    al-ikhlas …………………………………(3x)
    al-falaq …………………………………..(1x)
    an-naas ………………………………….(1x)
    ayat kursy ……………………………..(10x)
    syahadat …………………………………(1x)
    allohuma ya bathinu,berilah aku mu,jizat gahib dan karomah nya dari wirid yang aku amal kan ini ke dalam tubuh ku dan hatiku serta lindungilah aku dari kejahatan yang merusak. (1x)
    laaillaha illalah berulang-ulang (lebih banyak lebih bagus)

    Insyaallah bisa..(Jgn Bermain”,,,Trus Iman nya HARUS KUAT)

  34. Assalm, wr, wb;
    saya cuma mau ngedumel sendiri,….saya jadi kasihan sama yg namanya mahluk halus/Ghoib/Jin(atau apa namanya). karena mahluk yg satu ini seolah diciptakan Tuhan hanya untuk menakuti2 manusia (ini persepsi saya sbg orang awam), saya perhatikan temanya kalau di TV dia tampil sekilas dengan wajah seram, atau memukul Gong sesekali yg solah agar pemirsa takut….lalu terpikir lagi apakah di Alam ghoib itu juga ada baju, dll peralatan untuk membuatnya?? juga bahasanya misalnya roh orang dizaman majapait mungkin gak kenal bhs Indonesia (wong kakek nenekku saja yg kelahiran tahun 1900 gak bisa bhs Indonesia bisanya bhs jawa kuno. padahal kalau diwawancara dia bisa bahasa indonesia.
    Lagi katanya Dia hidup di alam yg tak berbatas ruang dan waktu, shg bisa melewati tembok tebal….tapi ketika ditangkap lalu dimasukkan botol koq gak bisa keluar ya,…..malah katanya sebelum ditangkap dia terlihat sangat besar tinggi…tp bisa dimasukkan botol sirup jumlahnya lebih dari satu lagi….hanya ditutup dengan tutupnya sdh gak bisa keluar. pdhal waktu nangkap sangat kwalahan menghadapi kekuatan dia.
    masih banyak lagi uneg-uneg ku, maaf saya termasuk orang yg awam mengenai soal ghoib.
    wass Candra

  35. saya setuju dengan anda,saya juga setuju dengan yang kontra,,,,coba aja gabungin tar gmn hasilnya…..imanjinasi,rasa,batin.
    coba ke cewek aja buat iseng2 atau apalah….terserah,buktikan dulu baru bicara

  36. kalo mata batin ga di buka, tapi selau melihat mahluk gaib gitu, betuknya persis manusia ngomong2 cuma pas ada yang liat kok orang bilang dia ngomong sendiri, lah itu apa ya gila bukan ya, kan kalau orang kena ganguan mental suka melihat yg aneh2 jadi mana yang benar lihat maluk gaib atau gila ya????? trus mungkin ga ya, kalo bangunan rumah, kantor dan lain2 yang sebenarnya sudah tutup, tau2 ada orang datang ke sana ga tau itu uda tutup eh pas masuk lihatnya seperti masi beroprasi/buka, lah trus orang2 yang dia lihat dan dia ajak bicara itu apa ya hantu penghuni gedung tersebut ya, trus kalo misalnya di tempat belaja sampe ada transaksi jual beli gitu, bayar dan terima barang( yang sebenarnya toko itu uda tutup) jadi kira2 barang yang dibeli manusia itu berbahaya ga ya, kan barang hantu/mahluk gaib/jin/arwah gentayangan gitu, kira2 barang yang dibeli itu aslinya apa ya? seram jukin ga ya???????? tapi kira2 mungkin ga ya???? atau manusia itu bagian dari mereka juga ya, wah kog bisa serem ya……..

  37. satu lagi kalo manusia bisa dengar suara seperti manusia berbicara, tapi pas dia lihat bibir/mulut yang mengeluarkan suara itu ternyata tidak berbicara/diam, tapi suara ada kedengaran kira2 orang itu gila atau dengar suara hantu/ mahlukgaib/jin/arwah gentayangan ya??????

  38. cetek semuaaaa,….:-P
    semuanya cetek …:-P

  39. Memang kalau orang tidak terbuka mata batinnya dan tidak pernak belajat masalah mata batin, tentu tidak percaya yang gaib2, padahal Allah itu gaib tdk dapat dilihat dengan mata kepala

  40. asslm mualaikum
    salam kenal semua

    sya percaya mata batin itu ada, jika ALLAH SWT sudah berkehendak apa sih yg tak mungkin.
    sya pernah bertemu seorang ulama, aneh tapi nyata
    beliau bisa tau akan isi hti sya dan mksud kedatangan sya
    beliau juga tau akan kehidupan sya sehari-hari
    pada hal sya bru brtemu pertama kali dan itu pun sya belum ceritakan apa-apa tentang khidupan sya
    ini hnya sebagian kecil saja msih bnyak pembuktian yg lain
    jdi sya tdik setuju kalau saudara bilang itu hanya sebuah hayalan

  41. wah, cara berfikir saja sudah menggunakan gaib(nggak kelihatan) sudah bisa, kok nggak ngerti bathin, kita perlu ingat ruh kita sendiri berada dimana pada nggak tahu, siapakah yang menggerakkan tubuh kita, tentunya ruh kita dg seizin Allah (Ghaib), tanpa ruh kan badan jadi apa ? perasaan kita menggunakan apa ? dan perasaan kita tidak ada yang tahu, kecuali Allah dan diri kita sendiri, bathin itu apa sih ? perasaan senang dan susah (bathin) masa sih nggak ngerti mata bathin, manusia sama-sama memiliki ruh, ketika saudara kita merasa susah, atau senang kita mengerti, tanpa diberi tahukan terlebih dahulu, lalu kita mampu menolongnya tanpa diminta itu salah satu mata bathin, jika sikap gerak oarang yang lagi susah kita sudah tahu dan mengerti, sudah jelas dong mata bathin………..ok broooooooooooo, jika manusia senangnya berbuat baik, pasti mata bathinnya akan cemerlang, karena kebajikan semua milik Allah, pasti Allah memberiakn petunjuknya…….(sering dsah baca AlQuran)

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s