Asal Usul Manusia Siluman

Di Indonesia sejak kemerdekaan atau bahkan jauh sebelum itu, masyarakat mengenal beberapa siluman, seperti : Siluman Harimau (putih), Siluman Buaya (putih) dan banyak lagi yang saya tidak tahu.

Bila kita lacak pada kebudayaan kuno di Bangsa-Bangsa lain kita jumpai juga sosok yang bisa kita sebut sebagai siluman, antara lain:

  • Kebudayaan Yunanni Kuno (tahun: 1000-3000 SM?), mempunyai kisah tentang Centaurs atau Centaurus, yaitu manusia berbadan kuda.
  • Kebudayaan Mesir Kuno (tahun:1000-3000 SM?):  mempunyai kisah tentang Dewa Anubis, manusia berkepala Anjing. Juga ada manusia berkepala gagak, manusia berbadan Singa (Sphinx).
  • Kebudayaan Hindu-India kuno (tahun 1000 SM?):  mempunyai kisah tentang Hanuman: monyet penolong Rama.  Subali dan Sugriwa, dua orang manusia yang berubah jadi monyet. Ganesha, yaitu anak Dewa Syiwa yang berwujud Gajah
  • Eropa kuno: mempunyai kisah mengenai Werewolf, manusia serigala.
  • Eropa modern: mempunyai kisah mengenai Vampire yang bisa berubah wujud dari manusia menjadi kelelawar.

Sudah dapat dipastikan bahwa jaman sejarah Indonesia yang mulai agak terlambat (abad 1 atau mungkin 5 M) terpengaruh dari kebudayaan kuno diatas. Sehingga pada saat ini di tengah masyarakat terdapat kepercayaan Siluman Buaya, Siluman Harimau.

Dugaan lain sih begini, tanpa pengaruh kebudayaan lain, yaitu pada awalnya di hutan dijumpai seekor harimau albino yang berwarna putih atau di rawa-rawa seekor buaya albino berwarna putih. Karena diluar kelaziman, maka masyarakat desa yang kurang pintar tanpa pikir panjang mengangapnya sebagai siluman, alias mahluk jadi-jadian.

About these ads

22 responses to “Asal Usul Manusia Siluman

  1. Penjelasannya kurang ilmiah, harus lebih empiris lagi dong

    iRW: bisanya hanya sampai di situ saja …. silahkan tambahkan

  2. Sudah semodern ini, layakkah harus mundur lagi ke 5.000 tahun lalu ???

  3. saya sangat percaya dengan adanya setan atau hantu karena saya tahu bahwa mereka ada

  4. Mosok ada buaya albino :)
    Yang ada sih buaya panuan :D

    iRW: beneran ada binatang yang albino, wong manusia saja ada kok. nih gambarnya di internet….
    http://images.google.co.id/images?svnum=10&um=1&hl=id&rlz=1T4HPAB_enID219ID219&q=albino+animal&btnG=Cari+Gambar

  5. Sebuah kepercayaan manusia susah untuk dialihkan ke kepercayaan lain. Apalagi kalau kepercayaan itu sudah melekat mulai kecil. Atau bahkan sudah ditulis sejak lama.

  6. Ping-balik: Foto Buaya Putih Albino « setan, jin dan hantu ….. hanya imajinasi!

  7. hei,,, para manusia2 beragama, sesungguhnya di setiap agama kita masing2, telah meyakini bahwa suatu hal yang ga’ib itu adalah nyata. jadi jangan sok pinter tentang kerasional,,. sesungguhnya kalian bs berpikir rasio karena sang maha ga’ib. pahami itu baik-baik,,,

  8. Buaya darat buanyak deh

  9. “Karena diluar kelaziman, maka masyarakat desa yang kurang pintar tanpa pikir panjang mengangapnya sebagai siluman, alias mahluk jadi-jadian.”
    wow… prejudis banget lo! hanya karena lo dan kebanyakan orang belom pernah liat, lo bisa ambil asumsi sesederhana itu? justru karena banyak mitos dari dunia lain yang mirip dengan mitos siluman inilah makanya konsep siluman ini fenomenal. terus satu lagi… jangan sok scientific kalo emang gak ngerti! ada bukti gak soal pengaruh kebudayaan Yunani sama kebudayaan pre-historic kita? emang gak bisa ya orang-orang jaman itu ngarang sendiri buat mereka? jangan-jangan mereka lebih original dari kita yang hanya bisa mengikuti ide ‘pre-historic’ dari kaca mata ilmu barat?

    IRW: ya anda benar bahwa orang indonesia masa purba/masa abad 1 Masehi atau sebelumnya bisa saja mengarang cerita sendiri mengenai siluman. hanya saja sejauh ini, adanya hantu “gedhe dhuwur or genderuwo di indonesia ada kaitan dengan kisah raksasa / rahwana dan cakil dalam dongeng mahabarata made in India

  10. lo tuh ga tau apa-apa!! klo lo mau bukti gw bisa temuin lo sama 3 harimau jadi”an milik leluhur gw!!
    tapi resiko lo tanggung sendiri en sempetin kasih surat wasiat bwt keluarga lo!!
    gw tunggu klo mang lo mo ngebuktiin

  11. Saya kelahiran thn 1956, sampai usia 13 thn saya tinggal di kampung (maninjau / padang) waktu itu , antara thn 62 / 69…. kami suka mencari ikan di malam hari , dan kami kadang2 bertemu harimau jadian / siluman yg tak mengggang kami

  12. asalamualaikum,

    ane salah satu orang yang termasuk ga percaya sama masalah siluman, gan.
    tujuan ane kemari buat coba nambahin penjelasan agan tentang asal usul siluman.
    seperti yang agan bilang diatas, kebudayaan di nusantara emang lebih dangkal ketibang budaya di irak, yunani, mesir, roma, turki, china dsb. kalo boleh jujur sama diri kita sendiri, tuh orang2 emang lebih duluan “beradab” ketibang kite. sebagai bukti, peninggalan sejarah kite nunjukin bahwa rata2 kerajaan tua di nusantara exsist diatas, 1 masehi. – srivijaya abad 7 CE-13CE, majapahit 1293 M – 1527 M, samudra pasai abad 13CE-15CE – .
    bukti dari keberadaan kerajaan tsb agan-agan search sendiri deh, sekalian buat nggoreksi posting ane.
    – pertama tentang centaur di yunani.
    bukti fisik tentang adanya binatang aneh ini ga pernah ada. kemungkinan nih binatang lahir dari ibu manusia bapak kuda ato kebalikannya juga udah pasti boong, karna semua orang (yang sekolah) tau, sperma binatang tidak bisa membuahi indung telur manusia, maupun kebalikannya.
    yang paling mendekati, penjelasan mengenai centaur ini adalah, bahwa cerita ini berasal dari komunitas yang tidak atau belum mengenal teknologi berkuda- kemungkinan dari MINOAN AEGEAN, sehingga ketika mereka ngeliat adanya kelompok nomaden yang hidup berpindah, tapi telah mengenal teknologi berkuda, mereka mengganggap mereka berwujud kuda berkepala manusia. informasi yang di sampaikan secara oral tentang hal ini nantinya akan berubah komposisinya.
    hal yang sama, walaupun beda2 dikit mungkin akan bisa menjelas kan anubis.
    – hanoman dan legenda rama.
    kalau yang ini ane ogah komen dah, gan.
    – warewolf
    ini sama dengan bapak yang komen duluan tentang harimau jadi-jadian di daerahnya. daratan eropa emang udah habitatnya srigala, iklim, topografi, dll memungkinkan srigala berkembang dan bertahan di situ.
    tingginya populasi srigala dan ancamannya terhadap masyarakat membawa legenda ini, tentang warewolf yang datang menyerang masyarakat di bulan purnama. ga bulan purnama juga bakalan diserang. hehehe
    hal ini serupa dengan legenda harimau jadi2an di sumatera barat.

    nah pesen ane gan, ente tinggalin dah tu kepercayaan musyrik macem begitu. gunderewo, nyi roro kidul, si manis jembatan ancol, sampe inyiak balang cuma manifestasi dari ketakutan nenek moyang kita yang masih setengah animisme dan dinamisme, hal ini di manfaat kan oleh syaitan untuk membuat kita lupa dan lalai…!

    pendeknya, totol aja lu pade takut sama yang begituan, itu semua kerjaan jin, syaitan dan sekutunya- aku berlindung kepada ALLAH dari godaan mereka- , dan bukankah kita lebih mulia dari mereka? bukankah nenek moyang mereka diperintahkan allah untuk bersujud kepada nenek moyang kita yaitu ADAM A.S?

    think!!! berfikir!!! sesungguhnya islam adalah agama bagi mereka yang berfikir…
    barrakallahu fiikum

  13. di deket rumah gw ada tuh benar2 SILUMAN yg sesungguhnya! setelah nge-bon selama 1 bulan di warkop, setiap di tagih utang pasti dia bs langsung NGILANG…!!??? hahahahaha

  14. maaf ya jika ikut campur persoalan ini,saya berasal dr malaysia,negeri kelantan,daerah jeli.bagi saya silumam harimau itu wujub kerana dalam keluarga saya ada warisan turun-temurun (saka) yaitu sejenis jelmaan harimau yang di sebut HALA (nama umum rakyat kelantan) ia mngkin dalan dalan ketagori hantu atau iblis tapi wujub dalan sifat siluman harimau,saya pernah menyediakan jamuan (puja) seperti pulut 7 warna,ayam panggang berserta darah ayam,telur ayam 3 bji,telur dadar 1 biji (telur yg di goreng),bertih padi semangkuk,lempemg 1 biji (di buat dari gandung dan di goreng) beras kunyit smamgkuk,bunga 7 jenis,kepala nasi sebiji (nasi di gumpal dgn tangan mjadi bulat) air kosong segelas,bedak air dan beberapa pekara lagi yg tidak harus di beritahu(rahsia keluarga) smua persiapan tadi akan di asap dgn kemeyan dgn bacaan jampi(memanggil silumam harimau) antaranya berbunyi,,,,, hei jin 4,jin asal,jin sama2 jadi dewa,hei dewa sang kaki 4,nenek putra kala raja di rimba,mu mari lah mengadap skelian raja jin,aku nk minta mu,,,,,,,,,,,,,, (tidak dapat di terang smua sbb rahsia)….. beberapa minit saluman itu akan hadir dlm rupa harimau,tubuh badan harimau kecuali tapak atau tangannya 5 sedangkan harimau biasa 4.ia hadir skejap dan ghaib di suruh pergi.saya tidak dapat menerang kan dgn detail kerana ia adalah rahsia keluarga cuma ingin saya katakan bagi saya siluman harimau itu ada.MOHON AMPUN MAAF,SAYA TIDAK MENCABAR MANA2 ORANG ATAU SESIAPA YA,sekadar berkongsi cerita dan pengalaman saja.siluman di gunakan utk mejaga keluarga,kebum dan harta benda,bukan untuk menbinasa kan manusia atau berbuat jahat tetapi terkadang saya bersifat seperti binatang juga bila keluarga dianggap memeliara setan,SEKADAR BERKONGSI CERITA, MOHON AMPUN MAAF SEMUA.INGAT LAH JANGAN MENHAMPIRI SYIRIK SPT SAYA.

  15. “Karena diluar kelaziman, maka masyarakat desa yang kurang pintar tanpa pikir panjang mengangapnya sebagai siluman, alias mahluk jadi-jadian.” <<<<< yeah lo kelebihan pinter yaaaaaa…lo udah berpikir panjang ga nulis ne artikel..
    malaysia belajar EYD dulu baru komentar. bungul

  16. asslamualaikum..semua artikal diatas ada benarnya tp tidak kh ianya trlalu merendah-rendahkan benda yang penulis td kata sedangkan anda sendiri hanya mengambil kesimpulan dari artikal asal dari barat..anda sendiri saja sdah maklum barat itu seperti apa,xkan anda sendiri ingin mengatakan moyang kita bangsa nusantara ini tidak pintar…jika moyang@bangsa nusantara kita ini tidak pintar kita xkan dapat membina sejarah empayar besar.kewujudan makhluk ghaib sdah smemangnya jelas wujud dalam al-quran dan hadith,dipendekkan cerita ok macam n kita ambik ringkasannya saja..anda tidak pernah melihat siluman yang maksudnya makhluk ghaib dengan mata jadi anda pun terus menyatakan komen keatas artikal anda diatas yang ertinya anda tak percaya makhluk ghaib itu wujud,tidak semestinya apa yang kita tidak pernah lihat itu tidak wujud..anda pernah melihat tuhan tuhan,tidak pernahkan…jd takkan anda mau cakap anda juga tidak percaya tuhan itu tidak wujud…tuhan telah kita beri kita akal supaya boleh berfikir,belajar..diturunkan kitab untuk kita beriman serta belajar…hantu mmang tidak wujud tp jin yang berup[a hantu itu wujud…sesungguhnya yang baik itu datangnya dari DIA,yang buruk itu dari kia sendiri..masing-masing bangsa mempunyai fahaman makhluk ttang makhluk ghaib dan kepercayaan makhluk gahib tp layakah anda untuk mengungkap perkataan..saya bukan dari indonesia t saya juga berdarah campuran indonesia..anda sendir mengatakan yang ada lagi antara makhluk siluman yang anda tidak tahu kewujudannya jadi macam mana anda boleh mengatakan artikal diatas adalah(ASAL USUL SILUMAN)..ketahui usul kita bangsa nusantara tanpa berteraskan kepercayaan luar cntohnya barat,slepas smua usul kita anda ketahui,barulah kita boleh bercerita asal usul makhluk lain…maaf jika apa yang saya cakap in tidak benar.nusantara memang tidak dinafikan bangsa yang lambat menerima tamadun tapi tanpa tamadun dan adat serta kepercayaan kita dulu,kita tidak akan mempunyai tamadun seperti sekarang….maaf lagi sekali….anda ada akal jadi anda boleh berfikir,anda ada hati tentunya ada naluri yang boleh menyatakan yang mana ilusu,imaginasi dan realiti…alam ini luas masih ada banyak yang anda boleh kaji untuk mencari kewujudan sesuatu makhluk itu…ALLAHHUALAM…manusia yang hanya melihat menggunakn pancaindera mata tetapi susah berfikir untuk menbazakan adalah manusia yang masih buta tapi manusia yang melihat menggunakan pancaindera(mata) kemudian melihat pula melalui mata hatinya dia akan dapat petunjuk yang mana betul-betul ilusi dan realiti kerana dia melihat menggunakan mata yang datangnya dari akal manusia itu sendiri….assalammualaikum…w..w…mohon maaf jika ada yang tersalah krn saya juga boleh tersilap,ini hanya kata-kata dari saya untuk diri saya tapi untuk renungan semua….

  17. trimakasih atas komentar kalian
    komentar kalian membuat aku dapat membuat artikel yg lbih baek lagi

  18. mf ms sebelumny ilmu ghaib itu emng bener ada…allah mempunyai zat maha ghoib,,,,cumn klo kt tergantuung memaparknny bagaiman,,syetan itu emng ada krna syean musuh manusia…jd kt tau syetan itu ad dan pstilh slalu berlawan pd energi bio magnetik yng sllalu meyerempet elam manusia,,jd suatu saat dia muncul,,,tp tentuny jngnlh takut atas syetan,,sesungguhny syetan musuh nyata bg manusia

  19. kalo ada manusia melihat manusia, dia berbicara selayaknya manusia juga, tiba2 ada orang yang lihat, dan dilihatnya manusia ini berbicara sendiri, apakah si manusia itu rada2 gila ngomong sediri ga da orang, atau manusia itu, berbicara dengan mahluk gaib, manusia siluman/jin/arwah gentayangan. jadi jika ada kejadian seperti itu, kira2 gimana ya bedain antara manusia asli dengan manusia jadi2an, kan bentuknya sama gitu, atau mahluk gaib itu sengaja menampakan diri gitu???????? serem juga ya kalau kita ngomong sama manusia siang, tak disangka di duga manusia itu mahluk jadi2an/siluman/arwah gentayangan/jin, ohhohohohoohoho seram.

  20. ghoib itu urusan tuhan hanya sebagian kecil dari manusia yang mengetahui
    tentang ghoib,,jadi ngak usah di perdebatkan.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s