Setan = Jin = Iblis?

Adam keluar dari surga gara-gara Iblis

Hai anak adam janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh setan (iblis) sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari syurga, ia menanggalkan dari keduanya pakaian untuk memperlihatkan kepada keduanya
auratnya. Sesungguhnya setan dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.

Sumber: QS: 7:27

Iblis dari golongan jin 

Dan ketika kami berfirman kepada para malaikat sujudlah kamu kepada adam maka sujudlah mereka
kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunannya sebagai pemimpin selain daripadaku sedang mereka adalah musuhmu, amat buruklah iblis itu sebagai pengganti bagi orang-orang yang  zalim.  Sumber: Alquran Surah (QS): 18 ayat 50 (QS 18:50)

 Iblis disebut juga Setan

Iblis menjawab “karena engkau telah menghukum saya tersesat saya benar-benar akan (menghalangi) mereka dari jalan engkau yang lurus. kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan menjumpai kebanyakan mereka bersyukur. Allah berfirman keluarlah kamu dari syurga sebagai orang terhina lagi terusir. Sesungguhnya barang siapa diantara mereka mengikuti kamu benar-benar aku akan mengisi neraka jahanan dengan kamu semuanya. “Hai adam bertempat tinggalah kamu dan istrimu disurga serta makanlah olehmu berdua dimana saja yang kamu sukai dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini lalu menjadilah kamu berdua termasuk orang yang zalim.
Maka setan membisikkan pikiran jahat kepada keduanya untuk menampakkan kepada keduanya apa yang tertutup dari mereka yaitu auratnya dan setan berkata “Tuhan kamu tidak melarangmu dari mendekati pohon ini melainkan supaya kamu berdua tidak menjadi malaikat atau tidak menjadi kekal (didalam surga) dan dia (setan) bersumpah kepada keduanya sesungguhnya saya adalah termasuk orang yang memberi nasihat kepada kamu berdua. Maka setan membujuk keduanya
(untuk memakan buah itu) dengan tipu daya tatkala keduanya telah merasai buah kayu itu nampaklah bagi keduanya aurat-auratnya dan mulailah keduanya menutupinya dengan daun-daun surga. Kemudian Tuhan menyeru kepada mereka bukankah Aku telah melarang kamu berdua dari pohon kayu itu dan Aku katakan kepadamu “sesungguhnya setan itu adalah musuh yang nyata bagimu”. Keduanya berkata “ya Tuhan kami telah menganiaya diri kami sendiri dan jika engkau tidak mengampuni kami dan memberi rahmat kepada kami niscaya pastilah kami termasuk orang-orang yang merugi. Allah berfirman turunlah kamu sekalian sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain dan kamu mempunyai tempat bagi sebagian yang lain dan kamu mempunyai tempat kediaman dan kesenangan di muka bumi sampai waktu yang telah ditentukan. Allah berfirman di muka bumi itu kamu hidup dan di bumi itu kamu mati dan dari bumi kamu dibangkitkan. (Sumber: QS: 7:16-25)


Jenis-Jenis Setan

Dan demikianlah Kami (Tuhan) jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh yaitu setan-setan
(dari jenis) manusia dan jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu. Jikalau Tuhanmu menghendaki niscaya mereka tidak mengerjakannya, maka tinggalkanlah mereka dan apa yang mereka ada-adakan. (Sumber: QS: 6:112)

Sumber: buku Salah paham tentang Setan Jin Hantu Roh dan Sihir, karya Irwan Ghailan, Nov 2004

5 responses to “Setan = Jin = Iblis?

  1. Apakah kita mau selalu dibodohi oleh orang-orang yang tak beriman…
    dengan ajaran sesat yang dibawah oleh Islam…? wa jangan selalu tertipu oleh mereka yang bersorban agama…Jangan mau dibodohi begitu
    saja…wah dimana keimananmu..?

  2. Menurut ilmu sekuler, fenomena jin, setan dan hantu adalah ilmu yg disebut dengan pseudo science ( http://en.wikipedia.org/wiki/Pseudoscience ), karena memang belum ditemukan sebuah metode untuk menelitinya.. jadi, saat ini ilmuwan hanya menganggap hal tersebut sebagai sesuatu yg hipotesa yang menunggu untuk ditemukan kevalidannya atau istilah ilmiahnya sebagai ilmu yang unfalsifiable ( http://en.wikipedia.org/wiki/Falsifiability )

    Hal ini mirip dengan fenomena UFO / Alien , yang sampai saat ini para ilmuwan mencari cara untuk membuktikan hipotesa tersebut…

  3. Adakah yang memikirkan “Siapa yang menggoda Iblis pada saat membangkang kepada Allah SWT.”.
    ketahuilah Syaithan adalah mahluk bukan “Sifat”

    Tugas Syaithan memang membisik-bisikan hal-hal yang dilarang Allah SWT. kepada golongan Jin dan Manusia.

    Iblis adalah Syaithan (Salah)

    Syaithan turunan daripada Iblis (Salah)

    Syaithan adalah sifat (Salah) Syaithan adalah mahluk dan dia berdiri sendiri

    Wassalam
    SSI – Banten

  4. Sepengetahuan saya sih (klo salah ya ma’af, tolong diralat) Jin setan dan Iblis definisinya begini:

    Jin: Mahluk Allah yang diciptakan dari Api, Ada yang baik ada yang Jahat. Ada yang Patuh kepada Allah, ada yang Kafir (Bisa ditelusuri di QS Al-Jin)

    Setan: Adalah sifat Jahat atau Condong membisikan kepada kejahatan, bisa dari Golongan Jin atau Manusia. Jadi manusia yang membisikan manusia lain berbuat kejahatan bisa saja disebut setan🙂 (bisa ditelusuri dari QS An’Nas)

    Iblis=Ablasa=Pembangkang: Golongan² yang membangkang perintah Allah, tapi dari Jenis Jin. Jadi bisa didefinisikan Jin2 yang membangkang perintah Allah, dan mereka tidak mati sampai hari kiamat. Jadi sejahat2 manusia tidak bisa didefinisikan sebagai Iblis🙂 (bisa ditelusuri di QS 18:50)

    Only God know..

  5. diantara setan dan iblis yang paling kuat adlah nafsu dan smua ini tidak berdiri sendiri tapi ada yang menciptakan,tidak ada yang salaH ato yang paling benar yang paling benar hanya ALLLAH swt wujud, qidam, baqo’ hanya ALLAH azza wa jalla……………..

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s