Nyai Roro Kidul adalah Kreasi Raja Jawa untuk Menakut-nakuti Rakyat

Sengaja saya sediakan satu bab tersendiri untuk membahas si Nyai Roro Kidul atau disebut juga Nyai Loro Kidul atau Nyi Roro Kidul atau Kanjeng Ratu Kidul, sosok yang dipercaya oleh sebagaian besar orang-orang di daerah pantai Laut Selatan Pulau Jawa sebagai Ratu Penguasa dari Laut Selatan yang merupakan mahluk halus. Roro berasal dari bahasa Jawa yang artinya perawan (tidak menikah) sedangkan kidul artinya selatan. 

Dulu waktu masih SD saya pernah baca di sebuah buku bahwa dahulu jaman raja-raja Jawa, ada seorang putri yang menolak dinikahkan (atau seorang putri raja yang patah hati?) terus berlari-lari menuju ke tengah lautan yang berombak besar hingga lenyap ditelan ombak. Kemudian di masyarakat munculah kepercayaan bahwa di Laut Selatan ada ratunya yaitu si Nyai Roro Kidul. Menurut kepercayaan, kalau sedang berada di pantai selatan kabarnya anda dilarang memakai baju hijau, nanti anda dikejar-kejar ombak.

Laut di sebelah selatan pulau Jawa dan juga Sumatera berbeda dengan laut sebelah utara Pulau Jawa dan Sumatera. Laut Selatan berombak besar dikarenakan adanya palung (trench) yang dalam dan memanjang dari sebelah selatan pulau Bali hingga pulau Sumatera dan juga hubungannya dengan lautan luas yaitu Samudera Hindia. Palung tersebut terbentuk sebagai akibat pertemuan (subduction) antara dua lempeng tektonik (tectonic plate) yaitu lempeng Asia dan lempeng Australia. Sementara Laut Utara Pulau Jawa yang tidak terlalu dalam cenderung tenang, termasuk sebagai bagian dataran sunda (Sunda Shelf). Kepercayaan yang berlebihan mengenai adanya penguasa Laut Selatan bisa bertahan hingga saat ini disamping karena masyarakat bodoh-bodoh, juga karena laut selatan mempunyai ombak yang bikin jantung deg-degan (saya pernah ke daerah pantai Sukabumi, lautnya lebih mendebarkan di bandingkan laut di pantai Tegal) dan sering terjadi perahu nelayan tengggelam ditelan ombak besar dan mengalmarhumkan para penumpangnya. Jadi rasa takutlah yang menciptakan imajinasi mengenai kekuasaan si Ratu Laut Selatan, untuk jelasnya anda dapat membaca kembali Setan dan Angan-Angan Kosong di Bab 4.

Deepest sea Also called Oceanic Trench, any long, narrow, steep-sided depression in the ocean bottom in which maximum oceanic depths (approximately 7,300 to more than 11,000 m [24,000 to 36,000 feet]) occur. The deepest known depression ofthis kind is the Mariana Trench, which lies east of the Mariana Islands in the western North Pacific Ocean.

Trenches generally lie seaward of and parallel to adjacent island arcs or mountain ranges of the continental margins. Of the Earth’s 20 major trenches, 17 are found in the Pacific. The only Atlantic trenches are the Puerto Rico Trench north of the Caribbean islands and the South Sandwich Trench east of Drake Passage between South America and Antarctica. The single major Indian Ocean trench is the Java Trench south of Indonesia.

Java Trench also called Sunda Double Trench, deep submarine depression in the eastern Indian Ocean, located generally 190 miles (305 km) off the southwestern coasts ofthe islands of Sumatra and Java, Indonesia. The trench extends for more than 1,600 miles (2,600 km) from northwest to southeast. Its slopes exceed 10° and descend to a maximum depth of 24,440 feet (7,450 m), the deepest point in the Indian Ocean. Much of the Java Trench is at least partially filled by sediments, particularly the section paralleling the Sunda Island arc, a group of islands in an active volcanic zone. For about one-half its length, south of Sumatra, the trench is divided into two parallel troughs by an underwater ridge. To the northwest the Java Trench merges with a system of islands and continental shelves that eventually extend into the Ganges River delta.

(sumber: Encyclopedia Britannica 2003: Ultimate Reference Suite – compact disk).

Salah satu hotel di pantai laut Selatan kabarnya ada yang sengaja mengosongkan sebuah kamar untuk si Nyi Roro Kidul. Ya namanya juga pemilik yang mencoba cari sensasi biar hotelnya ramai dikunjungi, “Boleh juga ide anda Boss…!”

Seorang saudara jauh saya, Bustanul Arifin, punya komentar menarik mengenai si Nyai Roro Kidul sebagai berikut “setan-setan Jawa (Indonesia) tidak punya ambisi politik untuk menguasai dunia berbeda dengan setan-setan / Iblis versi Hollywood yang dalam film digambarkan muncul dari neraka lalu bertarung fisik secara brutal dengan para jagoan bule untuk menguasai umat manusia dan dunia”. Ya pembaca, perbedaan budayalah yang membentuk perbedaan ambisi setan. Orang Jawa umumnya sungkan tidak serakah jadi ya setan yang diciptakan imajinasinya pun tidak begitu ambisius.

Berikut ini saya kutipkan pendapat Pramoedya Ananta Toer mengenai Nyai Roro Kidul yang tersirat dalam salah satu buku tertralogi Pulau Buru Anak Semua Bangsa pada halaman 77 Pramoedya dengan lihai menggunakan “tangan Orang Eropa” untuk mengkritik kepercayaan orang Jawa mengenai Nyai Roro Kidul.

Tetapi Eropa kolonial tidak berhenti sampai disitu. Setelah Pribumi jatuh dalam kehinaan dan tak mampu lagi membela dirinya sendiri, dilemparkannya hinaan yang sebodoh-bodohnya. Mereka mengetawakan penguasa-penguasa pribumi di Jawa yang menggunakan tahayul untuk menguasai rakyatnya sendiri, dan dengan demikian tak mengeluarkan biaya untuk menyewa tenaga-tenaga kepolisian untuk mempertahankan kepentingannya. Nyai Roro Kidul adalah kreasi Jawa yang gemilang untuk mempertahankan kepentingan Raja-Raja Pribumi Jawa.

Ya dugaan Pramoedya (anda memang jenius!) ternyata benar bahwa Raja (Kalangan Kerajaan Jawa Kuno) ternyata menggunakan hal-hal gaib untuk menakut-nakuti orang-orang awam sehingga kediktatoran mereka tidak pernah digugat (saya penasaran, adakah kaitan cerita Nyai Roro Kidul muncul dengan peristiwa kudeta berdarah yang dilakukan oleh rakyat jelata yaitu Ken Arok?). Ini sejalan dengan yang dikemukakan Polybius (dikutip dalam terjemahan buku Kontroversi Kenabian Dalam Islam: Antara Filsafat dan Ortodoksi karya Fazlur Rahman):

Namun karena orang-orang awam adalah orang yang tidak punya pikiran dan penuh dengan dorongan-dorongan yang bertentangan dengan hukum, seperti rasa marah yang tak rasional dan kecenderungan-kecenderungan yang agresif, tidak ada satu yang dapat mengendalikan mereka kecuali rasa takut terhadap yang gaib.

Penggunaan hal-hal gaib ternyata tidak cuma dilakukan Raja-Raja Jawa, dalam buku Misteri Hantu karya John Guy (terjemahan dari The Unexplained Series: Ghosts) menyebutkan antara lain:

Di Jepang, hantu sering dianggap berbentuk rubah. Jika ada orang yang makan terlalu banyak atau rewel dengan penampilan mereka, mereka dikatakan kerasukan rubah. Di Jepang, memelihara rubah masih dianggap tabu. Kalau melanggar, orang itu akan disihir atau dikutuk. Ini adalah upaya pemimpin religius zaman dulu untuk mendorong orang agar tidak materialistis. Sementara di Cina, ada keyakinan bahwa hantu adalah seseorang yang mati gara-gara kecelakaan atau dibunuh. Ia akan kembali pada hari ketujuh sejak kematiannya untuk membalas dendam. Peneliti modern yakin bahwa cerita itu dibuat oleh penguasa untuk mencegah terjdinya pembunuhan.

Copyright @ Irwan Ghailan, 2004, “Salah Paham tentang Setan, Jin, Roh,  Hantu dan Sihir

About these ads

41 responses to “Nyai Roro Kidul adalah Kreasi Raja Jawa untuk Menakut-nakuti Rakyat

  1. Mungkin ini yg dinamakan dengan hegemoni? mirip kepercayaan jepang yg mengatakan bahwa kaisar jepang merupakan keturunan dari dewa matahari (amaterasu omikami) ?, sehingga menurut kepercayaan sebagian masyarakat jepang (sampai sekarang masih ada loh), bahwa orang atau kelompok yang ingin menggulingkan kekuasaan kaisar pasti akan gagal? :)

  2. Kalau githu bukan cuma Amerika aja yang punya mitos zerem mengenai sosok aneh yang mendiami wilayah perairan disekitar kawasan segita bermuda , ternyata negaraku”Indonesia” juga punya yaa ? Adakah kemiripan maupun link yang dapat ditarik dari kesamaan pemahaman terhadap mitos yang melegenda dan tertanam dalam sanubari rakyat Indonesia (khususnya mereka yang kesehariannya sebagai nelayan dikawasan tersebut) dan penduduk dunia. Apakah di dasar laut tersebut memang benar-benar ada kehidupan lainnya yang beda dimensi dengan kita????

    Nice articles….

  3. setuju mas!!!
    mereka hanya ada dalam akal dan pikiran manusia!!!!

  4. ulasan yang menarik…
    perlu disebar luaskan mas…

  5. ya memang gak logika tetapi kok ya ada beberapa narasumber yang memang mengalami secara nyata trus piye coba,,,, alhasil percaya nggak percaya bukan???

  6. ANDA KELIRU BESAR! agama samawi menekankan supernatural tp tidak diungkap! memang ilmiah dulu baru gaib! TANYA PAK SOEHARTO ATO SBY skg, bagaimana dia bisa mengalahkan koalisi!

    iRW: apa hub dengan isi tulisan saya?

  7. assalamualaikum..

    maaf ya anda sebenarnya beragama apa ni..

    mulai sekarang baiknya kita berpikir bijaksana aja lah … jangan jadi orang yang sok tau ya…
    kalo kita mau tau akan suatu kebenaran ya sok atuh anda terjun kebidang tersebut.. bukannya hanya duduk manis baca buku yang jelas2 buku2 tersebut adalah buatan orang2 yang tidak bertanggung jawab bahkan saya yakin mereka tidak terjun langsung tuk mencari kebenarannya hanya bisa berimajinasi dan berinlektual belaka..
    INGAT di dunia ini ada 7 ALAM salah satunya alam kita ini dan ada juga alam GAIB yang tidak bisa pake logika atau BUKU tapi harus dipelajari dan diyakini..
    anda jangan menghina tentang KANJENG NYAI RORO KIDUL karna beliau adalah benar2 ada dan nyata bagi orang2 yang berilmu bukan orang2 yang sok ngayal n sok tau…
    jadi jangan ya bikin merusak keyakinan orang lain selagi keyakinan itu baik dan BENAR adanya…

    thanks

  8. yah boleh juga tuh bahasan di atas , tapi saya mau minta pendapat dn ketrangn mas nih ttg foto dan lukisan nyi roro kidul . di pantai POPOH tulung agung ada sebuah palereman yg di dalam di pajang foto nyi roro kidul , foto itu foto asli tahun 1994 ketika ad anak2 SD yg sedang bertamsya di pantai popoh dan secara tidak sengaja memfoto sosok nyirorokidul di tengah laut,, waktu tahun segithu do pedesaan lom ada yg namanya rekayasa foto bos,, nah yg aneh nya sosok yg terfoto tahun 1994 yg di yakini adalah nyi roro kidul bisa sama persis dengan lukisan yg ada di rumah nenek saya yg di buat tahun 1972 ,, gimana penjelasan nya mas ???

  9. mas..mas…
    kalo cuma tau luarnya saja mbok ya jangan sok pintar…

    Kanjeng Ratu itu benar adanya dan nyata wujud fisiknya bisa dilihat, dimintai nasehat dan pencerahan hingga detik ini selalu mengamati.

    Lain kali hati-hati kalau nulis blog seperti ini , karna anda sudah “BERHUTANG” dan suatu saat akan ditagih oleh beliau..

    wasalam

  10. wah…kacau..kacau..nih..
    penunggu blog ini cuma ber-KIBLAT pada buku karangan MANUSIA..

    wasalam

    IRW: terus memang ada buku karangan nyai roro kidul? anda ini aneh sekali. selama ini anda diselimuti awan ketidaktahuan, tapi anda bahagia. anda percaya pada hal yang tidak jelas

  11. kulonuwun,
    maaf, ikut nimbrung untuk menambah wacana aja kang.
    benar atau tidak adanya Nyi Roro Kidul wallahu ‘alam. pembahasan ini akan menjadi perdebatan panjang yang tidak akan ada ujung pangkalnya.
    Yang jelas dan terbukti bahwa daerah (pesisir) yang berdekatan/bersinggungan dengan pantai selatan sering terkenah musibah yang dinamakan TSUNAMI (Gelombang besar).
    Photo/Lukisan Nyi Roro Kidul biasa terdapat gelombang laut. Insya Allah 1000 tahun yang lalu bahkan lebih dari itu, nenek moyang kita memberi isyarat bahwa sering terjadi bencana dari arah laut berupa gelombang besar yang menghancurkan daratan.

    Karena didunia ini tidak ada yang tidak mungkin bagi Alloh yang Maha Kuasa.
    Semua itu salah satu tanda-tanda kekuasaan Alloh bagi manusia yang berfikir.

    Setiap perbedaan pendapat tidak ada yang salah dan benar, karena pendapat/keyakinan itu akan jadi benar bagi yang percaya dan menjadi salah bagi yang tidak percaya. Kesimpulannya salah dan benar adalah milik Alloh, di hari kiamat manusia akan sama-sama membuktikan mana yang benar dan salah.

    Yang penting bagaimana cara kita mensikapi Legenda tersebut dengan cara befikir yang bijak.

    Salam dari,
    manusia yang pelupa dan sering salah.

  12. oh ya lupa, kira-2 ada yang koleksi photonya Nyi Roro Kidul. jika tidak keberatan kirim ke blog ku :
    mbahjogo.wordpress.com.

    semoga semuanya menjadi amal kebaikan.
    maturnuwun……….

    manusia yang lupa dan salah.

  13. assalam’muallaikum wr wb …
    ikod corat coret yah …

    kalo benar mahluk gaib adalah fiktif dan hanya sebuah imajinasi saja … lalu kenapa kita mempercayai dan yakin akan sang pencipta yang sudah memberikan kita kehidupan apakah kita juga hidup atas kemauan sendiri … dan manusia harus di hadapkan antara hidup dan mati lalu siapa yang ada dalam tubuh kita ? jiwa ato roh yang selalu tertulis dalam sebuah buku.

    dari pada kita membahas dunia gaib yang tak mungkin kita capai dengan ilmu teknologi sekarang ini lebih baik sob belajar tentang diri sendiri, hidup dan mati serta sang pencipta …

    kebudayaan indonesia jgn pernah di sama kan dengan kebudayaan luar. tahu kah sob karna kebudayaan indonesia sendiri beraneka ragam selain itu warisan dari nenek moyang ngga mungkin bisa hilang walo pun zaman sudah modern contoh nya saja dengan ilmu pelet yang noteband nya masih banyak orang yang melakukan nya apakah itu juga untuk menakut nakuti masyarakat yg bodoh dan tolol.

    belum lagi dengan ilmu yang lain nya sulit di tangkap dengan logika seperti hal nya ilmu teluh tenun kedigjayaan. dengan berbagai macam ritual yang harus di lakukan manusia yang menginginkan nya demi kepuasaan pribadi dan ada juga untuk sebuah kebaikan. sebenar nya semua itu baik cuman terkadang para pelaku nya aja yang ngga bisa membawa dan melakukan dengan sebuah kebaikan.

    sebelum sob menulis tentang kanjeng ratu apakah sob sudah membuktikan nya sendiri tentang keberadaan nya? bukan kata orang lain ato sebuah buku yang sudah beredar.

    IRW: tentu saja saya belajar selama ini membangun cara pikir saya lewat / ada gurunya yaitu buku atau teman/ulama. tapi nabi ibrahim belajar tanpa guru, jadi anda pikir ibrahim berguru kepada setan? <<< seperti yang sob bilang sendiri … mungkin beberapa guru / ulama yang sob percaya bisa membantu tentang keberadaan kanjeng ratu.

    thx untuk artikel nya ^^

  14. Bismillahirrahmanirrahiim, mudah2an,, apa yang saya tulis disini bermanfaat bagi kita semua.. anda tau infocus???
    yach,, sebuah alat canggih yang dapat menimbulkan gambar bergerak atau diam di sebuah media di depan nya, bagaimana cara kerjanya??? dari sebuah data yg tersimpan kemudian di olah menjadi gambar yg transfaran menggunakan oftik2 tertentu dan kemudian disinari dengan lampu sorot yg menyala terang yang membawa bayangan gambar ke media, jadi dimana sebenarnya letak gambar sesungguhnya??? apakah didalam infocus atau di permukaan Media??? yach betul.. gambar sesungguhnya berada dalam infocus, gambar di media hanyalah bayangan,, jika infocus tidak dihidupkan maka gambar di media tidak akan ada atau nampak…, apakah sampai disini kira2 anda mengerti dengan apa yg saya tulis??? begitu juga dengan cerita hantu,, itu semua dibenak kita saja, krena doktrin2 terdahulu yang salah arti, sehingga panasnya rasa takut timbul dan mengeluarkan sinar yang kemudian membuat bayangan didepan matanya,, ayo kita sama2 memurnikan ketauhidan kita kepada Allah.. jangan mengada-adakan yg tidak ada,, selalu Istigfar agar hati kita yang tertutup bisa terbuka untuk menerima karunia dari Allah SWT yang Assamad, tidak terputus2, tidak berongga, dapat dikatakan juga sesuatu yang padat, Kul Huwallahu AHAD” Wassalam

  15. Assalammu’alaikum

    Kalau menurut saya sih namanya mahluk halus jin, setan dll, Adalah ada. Dan Islam mewajibkan kita mempercayainya seperti halnya kita percaya akan keberadaan malaikat. Saya sering membaca dari literatur yang bisa dipercaya seperti tafsiran hadist bahwa tidak satupun manusia di bumi ini diperlihatkan bentuk asli setan atau Jin yang sesungguhnya, bahkan para nabi.

    Jin diciptakan dengan kemampuan khusus oleh Allah sehingga bisa menyerupai apa saja yang mereka mau i (berupa mahluk selain Allah tentunya). Nah asal muasal Hantu, ruh gentayangan bahkan legenda hidup semacam Nyai ini yaah mungkin memang ada. Keberadaan mereka adalah karena diciptakan oleh pikiran manusia yang dari jaman kuno dulu sudah jalan dengan gilang gemilang. Alias apa yang kita namakan takhayul. Ketakhayulan inilah yang disalah gunakan oleh para jin yang tidak bertanggung jawab. Mengajak manusia ke arah kemusyrikan yang membabi buta dengan iming kehidupan yang lebih menyenangkan.

    Pada sejarahnya setiap negara, daerah, tempat di dunia ini punya legenda semacam Nyai roro kidul. Taruhlah legenda si High lander yang super ngetop dari daerah tinggi Scotlandia, atau dracula atau vampire dari eropa timur, bahkan naga dari danau lockness di inggrish dll. Mungkin itu dikarenakan memang golongan Jin mempunyai umur yang lebih panjang dari umat manusia. Dan dari literatur yang saya baca juga Jin dan sekutunya dalam beranak pinak memang mengikuti kultur budaya tempat dimana dia tinggal. Kalau anda-anda sering membaca doraemon dengan hantu api dan mata satunya begitu pula dengan cerita hantu pocong di tanah jawa atau gondoruwo atau leak di bali. dan masih banyak lagi contohnya.

    Demikian semoga bisa menjadi tambahan. Untuk saya sendiri sih kalau bisa sejauh mungkin kita menjauhi hal2 syirik semacam itu bahkan percaya ayat kursi bisa menjaga kita saja ayah saya bilang itu termasuk syirik, yg bisa menjaga kita adalah doa kita kepada Allah, bukan Syurahnya. Dimana di doa itu harus disertai keimanan tinggi dan jauh dari najis alias bersih kasah kasih, apalagi dari najis Syirik.

    Wallahu A’lam

  16. Copyright @ Irwan Ghailan, 2004, ”Salah Paham tentang Setan, Jin, Roh, Hantu dan Sihir“

    Maaf, saya nilai ilmunya benar2 dangkal2. Ilmu yg mengandalkan rasio belaka. Rasio jelas sangat terbatas kemampuannya, masih terbelenggu di dalam emosi/nafsu. dan mudah terkena polusi imajinasi. Sementara, org2 jawa dan leluhur nusantara zaman dulu benar2 mendayagunakan software yg lebih canggih berupa rasasejati. Yang terbebas dari nafsu maupun imajinasi. Sehingga sangat arif dan bijak mensikapi hal2 gaib. Bukan dalam kesadaran kamuflase yg hanya basa-basi-busuk semata, namun karena berangkat dari highest consciousness untuk mengerti, memahami, dan menyaksikan NOUMENA (eksistensi gaib/metafisik). Bukan sekedar melihat fenomena saja.

    marilah kita manfaatkan software yg kita semua miliki. Sebenarnya tak ada org yg bodoh dan jahat, yang ada hanya org2 yg belum mengerti hakekat sejatinya. sebab itu, manusia sekarang banyak yg mudah bingung, gumunan, dan kagetan hanya menghadapi peristiwa sederhana saja, misalnya wabah penyakit, bencana alam dst. semua itu ada hub sebab akibat dgn tingkat kesadaran yg sangat rendah (kesadaran jasad) manusia yg mengklaim diri modern dan agamis.
    Berharap tulisan di atas bermakna utk memaparkan realitas obyektif bahwa di sekitar kita, masih ada sebagian masyarakat yg level kesadarannya rendah.

    salam sih katresnan

  17. Menanggapi tulisan diatas menjadi sangat geli sekali, karena sy melihat bukti kebenaran dari daya kerja otak kiri(12%) yang benar-benar bodoh(lata’lamuna syai’an), untuk dipaksakan memahami dunia ghaib yang sebenarnya tidak bisa di rasionalkan secara logic.

    Sehingga kemampuan otak kanan yang (88%) mempunyai kemampuan intuisi, spitirual, abstrak, metafisika, menjadi lumpuh total.

    Alhasil pendapat tsb diatas telah melantur terlalu jauh dengan anggapan untuk menakut-nakuti. Sungguh ini suatu pendapat yang garing tanpa makna, karena bukan suatu tesis pembuktian yang memberikan pembelajaran.

    Sebab sang penulis sesungguhnya tidak tahu menahu tentang apa yang dibahas nya, apalagi dikonversikan dengan jin, setan, dan, iblis. Untuk ketiga makhluq inipun sang penulis sangatlah tak berpengathuan, pakah itu jim,syetan, dan iblis, sehingga beberapa referensi yang diambil bukan dari orang-orang yang credible di bidangnya, alhasil tulisan diatas sangatlah ngelantur dan ngawur.

    Padahal sesuatu yang abstrak itu telah dikonversi menjadi kongkrit yang dinikmati oleh seluruh manusia, seperti halnya Handphone,TV, satelit, radio komunikasi, dll.

    Bagai mana gambar TV itu tiba-tiba muncul di depan mata ?, bagai mana suara jarak jauh dan sms tiba-2 masuk ke Handphone, bagai mana satelit luar angkasa informasinya bisa sampai kebumi dengan jarak jutaa kilo meter.

    Siapa yang membawa seluruh informasi data multimedia termasuk internet sampai dei depan mata ?……………ooooh capeee deh, perlu sekolah lagi sepertinya kita ini.

    Kadang manusia tidak menyadari bahwa dirinya sedang berinteraksi dengan ke ghoiban rekayasa teknolgi yang dinyatakan dalam bentuk lain.

    Dan benarlah firman Tuhan bahwa dunia ini telah menipu manusia, karena sesungguhnya mata manusia tidak dapat melihat yang sebenarnya(Hakiki).

    Untuk melihat sebuah benda atau warna, mata harus menangkap getaran listrik medan magnet dari object yang ditangkap lensa mata (IPA SMP)kemudian disampaikan ke memory otak melalu saraf-saraf halus dengan dengan getaran listrik statis dalam jaringan otak.

    Sehingga bila saraf-saraf tsb rusak manusia bisa buta warna atau buta total karena saraf matanya tidak dapat menangkap getaran listrik disekitar nya.

    Panca indera lahiriah manusia adalah merupakan satelit informasi otak kiri yang kemampuannya hanya 12 % dalam kesadaran.

    Sedang otak kanan bawah sadar dengan kemampuan 88% mampu mengontrol dan mengatur seluruh organ dalam manusia dan seluruh jaringan tubuh tanpa diperintah oleh fikiran kita.

    Kayaknya kita perlu banyak belajar dari diri sendiri, sebelum menilai apa yang ada diluar diri. Sebab siapa ynag mencari kebenaran keluar dari dirinya maka akan tersesat.

    Dan kesesatan itu telah kita lihat dari website ini dengan tanpa melihat secara kongkrit.

  18. “Bagai mana gambar TV itu tiba-tiba muncul di depan mata ?, bagai mana suara jarak jauh dan sms tiba-2 masuk ke Handphone, bagai mana satelit luar angkasa informasinya bisa sampai kebumi dengan jarak jutaa kilo meter.”

    To Olads:

    ente ngerti enggak sih dengan yang ente tulis di atas?

    cahaya ataupun suara itu “ada” karena bisa diukur dengan alat pengukur cahaya atau suara.

    beda dengan tuhan. tuhan itu ada, meski kita tak bisa “ukur” tuhan.

    dengan apa? kita bisa lihat oh gunung yang besar itu pasti ada yang bikin, okelah tanpa alat pengukur kita tahu bahwa tuhan itu ada, yang ciptain gunung.

    nah setan, hantu, nyai roro kidul memang menciptakan apa yang bisa dilihat (spt gunung ciptaan tuhan)?

    kalau tidak bisa menciptakan okelah, kita pakai alat ukur

    nah kalau mahluk gaib itu ada buktinya apa? diukur pakai apa?

    itu hal simple tapi enggak mampu anda pahami hai olads?

  19. He..he..he, apa gak kebalik tuh…. tanggapan balik anda ???.

    Apakah ente mahfum dengan yang ente tulis ???.

    Disini ada bebarapa tangggapan yang berbeda dengan artikel anda, bukan ber arti yang berbeda dengan anda itu pendapatnya dan pemahamannya saja. Tapi memang berbeda dalam hasil penglihatan dan pendengarannya secara haqiki.

    Mata dan telinga itu hanya dapat melihat secara kongkrit jelas dan nyata serta terbatas ukurannya, tapi pendengaran dan penglihatan itu bukan dari mata dan telinga secara fisik, karena indera manusia itu mampu melihat dan mendengar sesuatu yang tak tampak kongkrit dan yang tak terukur sekalipun oleh alat ukur apapun di dunia ini.

    Nah itulah mengapa manusia disebut bodoh tidak tahu apa-apa(lata’lamuna syai’an), karena, Tuhan mengatakan demikian ditujukan kepada kesadaran(ingatan) manusia yang dioperasikan oleh otak kiri dengan kemampuan 12%, yang menuntut secara logika, terukur secara, matematik, kongkrit, tampak jelas dalam penglihatan dan pendengaran. Sehingga segala sesuatu nya dituntut untuk adanya alat ukur secara nyata yang bisa tampak mata.

    Padahal manusia itu sendiri, secara indera lahiriah mampu merasakan, mendeteksi, panas, dingin, manis, pahit, asin,sakit, sehat, gembira, sedih, marah, cinta kasih, yang semuanya itu tidak perlu “optional tool measuring”. Dan semua itu tersedia dengan jelas dan nyata batas ukurannya dalam diri manusia, tanpa alat bantu dan alat ukur serta laboratorium.

    Indera yang dioperasikan secara sadar oleh manusia pada mata dan telinga yang di sensor oleh otak kiri(12%), mempunyai keterbatasan sehingga memerlukan alat bantu, tetapi indera manusia yang sensor oleh otak kanan(88%), mempunyai kamampuan 7 kali otak kiri dengan object abstrak yng letaknya dibawah kesadaran.

    Otak kanan bawah sadar mampu menyensor menyampaikan ukuran detak jantung, aliran darah, kerja paru-paru, ginjal, hingga ke syaraf-syaraf sekecil rambut pada jaringan otak, yang tidak perlu kita sadari untuk dibatasi dan diukur oleh alat bantu, namun mampu berjalan secara naluri alamiah(natural).

    Inilah alat-alat ukur yang tersedia pada diri manusia itu sendiri tanpa bantuan dari luar dirinya. Baik naluri (insting), intuisi, intelektualitas, kecerdasan, hati nurani(mata hati), adalah merupakan alat ukur yang akurat dan mampu mendeteksi memahami, melihat dan mendengar sesuatu yang abstrak, hinga tampak jelas dan nyata haqikat dari sesuatu object.

    Semua alat ukur tsb akan membawa manusia kepada tingkat kebijakan dalam bertindak setelah menempuh kearifan dalam bewr ilmu hingga memahami haqikat dari sesuatu, dan alat ukur inilah yang akan menjadikan manusia menuju derajat taqwa, karena memliki sifat “Fathonah” (cerdas).

    Orang cerdas pasti pintar, arif karena ber ilmu, bijaksana karena memahami dan mengerti atas haqikat dari segala sesuatu ciptaan Tuhan. Tetapi orang pintar sebaliknya dari itu semua, karena tidak mengerti dan mamahami apapun yang di perbuat nya, sehingga orang pintar kadang “keminter”(sok pintar), artinya membodohi diri sendiri, bisa menyesatkan dirinya dan orang lain karena tidak memahami haqikat dari sesuatu.

    Suatu contoh :

    Se ekor monyet bila diberikan buah kelapa hanya dibuat mainan, bila manusia yang diberi buah kelapa, maka manusia akan melihat bahwa pada buah kelapa tampak ”minyak kletik”, padahal bila buah kelapa itu di belah takan tampak nyata minyak nya.

    Demikian pula rasa manis dan asin, takkan tampak kongkrit rasanya, yang tampak adalah media nya, simbol nya ,tulisanya, molekulnya.

    Tuhan berfirman :
    “ lalu Aku berikan pendengaran dan penglihatan serta aqal & hati(af idah), agar kamu bersyukur”.

    Pendengaran dan penglihatan bukan saja “telinga dan mata” yang berfungsi mengukur kongkrit, tapi lebih dari itu kemampuan dari sifat mendengar(sami’an) dan sifat melihat(bashiran), adalah sifatullah sami’un bashirun)milik Tuhan yang telah di anugerahkan kepada manusia, yang di sensor oleh aqal dan hati(af idah).

    Tuhan memberi penjelasan bahwa : “ syetan masuk melaui aliran-aliran darah…”.
    Bahwa selanjutnya sudah pasti syetan membuat pengaruh dalam aqal fikiran, hati dan perasan, yang selanjutnya akan tanpak pada prilaku…bagai manakah cara mendeteksi dan mengukurnya bahwa syetan merambat dalam aliran darah ???.

    Tapi dengan kesadarannya manusia mampu untuk mendeteksi dan mengukurnya, sehingga manusia mampu mengendalikan diri dengan tanpa alat bantu untuk mengukur syetan berada pada frequensi berapa, power dan kecepatan nya ??.

    Firman Allah :

    “di bumi ini terdapat tanda-tanda bagi yang yakin, begitu pula pada dirimu, tidak kah kamu perhatikan ??”

    “kami lebih dekat dari urat leher mu”………..(apa dan siapakah Kami dalam firman Nya ???)

    ” Dimana kamu mengadap disanalah wajah Allah”

    “dan DIA(Allah) bersama kamu dimana saja berada”

    “siapa yang buta terhadap AKU di dunia, maka kelak diakhirat akan lebih buta kepada AKU”

    “yang buta bukanlah matanya, tetapi hatinya, yang tuli bukanlah pendengrannya tapi hatinya”.

    Jadi untuk mengukur keberadaan Tuhan dan seluruh makhluq ciptan Nya yang tak tampak mata dan tak terdengan oleh telinga, tidak diperlukan alat bantu pengukuran.

    Cukuplah Alqur’an sebagai petunjuk yang tersurat, dan alam kehidupan sekitar kita termasuk diri kita sendiri lahir dan bathin sebagai petunjuk bukti yang tersirat.

    Maka semuanya itu akan tampak nyata dan jelas haqikat dari sesuatu , tanpa bantuan alat ukur optional.

  20. Terima kasih infonya

  21. Olads: Padahal manusia itu sendiri, secara indera lahiriah mampu merasakan, mendeteksi, panas, dingin, manis, pahit, asin,sakit, sehat, gembira, sedih, marah, cinta kasih, yang semuanya itu tidak perlu “optional tool measuring”. Dan semua itu tersedia dengan jelas dan nyata batas ukurannya dalam diri manusia, tanpa alat bantu dan alat ukur serta laboratorium.

    IRW: Yang dapat dirasakan oleh Indera manusia tsb (terutama):
    panas, dingin, manis, pahit, asin,
    memang ada karena dapat diukur dengan alat lab, misal kertas ph …. ph air manis dengan air pahit tentunya akan beda

    Sedangkan
    sakit, sehat, gembira, sedih, marah, cinta kasih cenderung sesuatu yang bersifat subyektif.

    Seperti anda yang merasa keberadaan SETAN atau NYAI RORO KIDUL adalah perasaan subyektif anda sendiri!

    Sesuatu yang tidak ada, tapi menurut perasaan anda itu ada, jadilah itu ada!

  22. Sesuatu yang ghaib bukan hal yang subyektif saja. Rasa, perasaan bukanlah satu-satu nya indera, namun sesungguhnya haqikat dari sesuatu yang tidak tampak mata lahir, hanya bisa dilihat oleh “mata hati”(hati nurani), dan pandangan mata bathin.

    Walaupun mata lahiririah terpejam, mata bathin mampu melihat berbagai dimensi alam yang diciptakan Tuhan bagi makhluq-makhluq yang tak tampak mata lahir.

    Beda cara melihat, beda penglihatan, beda pula hasil nya, dan beda pendapatnya, hal itu sah-sah saja, karena setiap manusia di berikan kemampuan yang berbeda-beda, lebih dan kurang dari lainnya, untuk saling membagi, belajar dan memahami alam kehidupan ini.

  23. secara kebetulan ini nyai alias the Quin’s of jin laut nyai roro kidul mau menjual semua harta nya dan tempat ia bercocok tanam di darat .alias dia mau di lelang tempat nya.siapa yang beli untung tuh harga lumayan murah nyai roro kidul nya lagi loro .wkakaka

  24. BENNG MERAH.????????
    PERDEBATAN SAMPAI KAPANPUN TIDAK AKAN ADA AKHIRNYA. KALAU SATU SAMA LAIN BERBEDA KEYAKINAN. CUMAN JANGANLAH KITA MEMAKSAKAN KEHENDAK DAN PENDAPAT KITA UNTUK MERUBAH PENDAPAT DAN KEYAKINAN ORANG LAIN.
    ISLAM ADALAH AGAMA UNTUK SEMUA ORANG SIAPA SAJA YANG MAU MEYAKINI.
    AGAMA DIBUAT BUKAN UNTUK DIPERDEBATKAN DIDUNIA, TETAPI AGAMA ADALAH SEBAGAI ALAT UNTUK MENGONTROL KEHIDUPAN DAN PERLAKU PRIBADI MANUSIA. BUKAN UNTUK MENGHAKIMI SESEORANG.

    BUNG OLADS SAYA SETUJU DENGAN PENDAPAT ANDA
    SAYA ISLAM SAYA PAHAM BETUL AGAMA SAYA, TAPI SAYA ORANG JAWA SAYA JUGA MENGGALI KEJAWEN SEJATI. UNTUK KEHIDUPAN SETELAH MATI KITA HARUS YAKIN AGAMA KITA KALAU SAYA YAKIN ISLAM. UNTUK KEHIDUPAN DIDUNIA SAYA TIDAK PAKAI AGAMA, KEJAWEN LEBIH DARI SEMPURNA DIBANDING AGAMA APAPUN DIDUNIA INI. SEBELUM ADA ISLAM SUDAH ADA JAWA. SELURUH UMAT MANUSIA DIDUNIA ASALNYA DARI JAWA. NABI ADAM ORANG PERTAMA DIBUMI TURUN DI TANAH JAWA DAN MATI DI TANAH JAWA (SAYA YAKINI ITU). ILMU DUNIA DAN ILMU AKHERAT BENANG MERAH YANG TIDAK AKAN HABIS DIPERDEBATKAN. PANDANGAN ORANG BARAT DENGAN PANDANGAN ORANG TIMUR JUGA TERMASUK BENANG MERAH. YANG TIDAK AKAN BISA DISATUKAN KARENA SATU SAMA LAIN SALING BERTENTANGAN.
    JIKA ORANG BERSUARA HANYA SEBATAS ITULAH PENGETAHUAN MEREKA, TAPI ORANG DIAM BELUM TENTU BODOH BAHKAN KADANG LEBIH TAHU DARI ORANG YANG BERSUARA ITU.
    SEBUAH FILSAFAT JAWA YANG SELALU JADI PEDOMAN SAYA ADALAH :
    “MUNGKUR ING KADUNYAN”.
    BUKAN MENYOMBONGKAN DIRI DENGAN KEDANGKALAN ILMUNYA ITU.
    MUDAH-MUDAHAN PENULIS ARTIKEL INI DIBERI HIDAYAH DAN DIBUKAKAN MATA HATINYA YANG MASIH TERTUTUP DAN DISELIMUTI GUNUNG ES.

  25. قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ (١)اللَّهُ الصَّمَدُ (٢)لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (٣)وَلَمْ يَكُنْ لَهُ كُفُوًا أَحَدٌ (٤)
    1. Katakanlah: “Dia-lah Allah, yang Maha Esa.
    2. Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu.
    3. Dia tiada beranak dan tidak pula diperanakkan,
    4. dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia.”

  26. Haduh lebih capek baca komentarnya daripada baca artikelnya. Maaf, saya sih ilmunya dangkal, jadi gak bisa menaggapi.

  27. wah semua manusia asalnya dari jawa?? Kejawen lebih hebat dari agama, wah??? piye asale rek…:)

  28. wah ..ktinggalan info ya…….?
    kalah sama penjajah dong….

    ngene asale ngger….
    Kejawen itu Falsafah dalam aturan hidup yang menjadikan manusia berprilaku luhur, sedang
    Agama itu aturan hidup yang bermacam-macam kelompok, golongan, aliran, sesuai penafsirannya fikirane masing-2.
    makanya dalam agama banyak orang yang merasa paling benar.

    Sedang falsafah hidup adalah menyadarkan jiwa dan kehidupan.

    piyee to rek……..??

  29. Sebenernya Males nanggepin politikus ngomong… Saya cuman mau bilang PREKKKK…
    faktanya:
    1. anda atheis karena tidak percaya ghaib
    2.anda tidak paham budaya jawa sehingga tidak layak menyimpulkan
    3.silahkan buat blog politik saja karena lebih pantas untuk ber opini
    4. ASU

  30. setuju….akur bahwa politik raja2 jawa emang modelnya halus gitu…..tanpa capek2 orang udah pada takut…model jaman suharto dulu….bahkan gw pernah nantangin tuh si roro kidul…di pinggir pantai selatan belasan tahun yg lalu…….gw tantangin dia…tapi nggak ada apa2 …..emang dia itu nggak ada…….orang tolol aja yg percaya sama nyi roro kidul ……tanya tuh sama orang australia pernah liat nggak…? kan lautnya sama tuh…….
    baca nih supaya agak terang pikiran…
    lagian ghaib itu menurut Al Quran tidak bisa dilihat manusia, kecuali nabi….orang sekarang yg bisa melihat sesuatu yg ghaib itu orang stress yg nggak pernah baca Al Quran…..
    http://nyairorokidul.wordpress.com/2010/08/02/hantu-benarkah-ada/

  31. Kalau nggak ngerti ghaib ya jangan sok tahu, jadi kesannya menjadi DUNGU, urusan ghaib ya dengan kemampuan ghaib pula bukan dengan bagian otak kiri logika. Lha wong diri kita sendiri saja ghaib kok, yang tampak diri kita kan cuma jasad.

    Ghaib menurut Qurán nggak bisa dilihat ….?
    Akh yang bener dulu lah ngaji nya, jangan Alqurán dijadikan referensi alasan untuk mem backup ke dunguan dan kebodohan kita. Alquránlah kitab yang tioada keraguan di dalam nya yang menjelaskan segala perkara sekecil apapun yang terjadi dalam kehidupan ini.

    Kalau Alqurán tak bisa menjawab permasalahan yang ada, lalu sesuatu yang terjadi dalam kehidupan ini ghaib maupun tidak atas kehendak siapa…?
    Kadang manusia dungu yang pikirannya sempit sering kebablasan memamhami Alqurán dengan pengethuan yang dangkal.

  32. ingat jangan pernah menjelekkan leluhur sendiri semuanya….sadarlah darah dan dagingmu itu dari siapa?jangan pernah lupa,tanpa para leluhur kalian masih mencari makanan apa yang bisa dimakan.banyaklah membaca tetapi bukan buku yg dibaca.penulis blog sudah tidak patut tinggal dinusantara…atau mungkin penulis blog sudag mati kena tsunami?…..hwekekekekekkekkkkkkk….MERDEKA

  33. Orang bodoh akan berteriak-teriak, tampil berlebihan agar terlihat pintar.
    Orang pintar akan diam-diam, meninggalkan majelis orang bodoh
    ( Maaf saya mohon ijin pindah majelis )

  34. Weitzzzzz,…
    Mantaf ni Artikelnya,…

    Sy Doakan yang Nulis dapat Berkah dan Rahmat Allah sampai Dia di alam Kubur.
    (kalau dia Muslim)

    Amin.

  35. Bagus gan ini manarik,,,Blog Ekstrim KLIK http://www.sriwijayacity.com

  36. Tuhan selalu menciptakan semuanya berpasang2ngan, yang nyata dan tidak adalah salah satu buktinya,jin,setan,iblis,seperti tertuang dalam ayat suci alquran dan jg keyakinan para leluhur bukanlah imajinasi semata,tapi mereka yang ghoib memang ada,dan yang membuktikan adanya ghoib negatif seperti jin dan syetan yaitu manusia yg mulai berlaku tanpa arah dan kewajaran karena terpengaruh oleh hawa negatif yg mengendalikan jiwa dan pikirannya….
    keberadaan mereka karena ijin alloh semata

  37. percaya akan GHAIB adalah wajib sebagai umat islam dan orang Jawa.
    karena sebenarnyalah yang menciptakan kita juga GHAIB adanya,coba gali dari ajaran Kanjeng Sunan kalijogo maka akan anda akan mengerti apa itu ghaib sesuai agama dan budaya.

  38. mungkin memang nyi roro ngibul itu ada, tapi yang pasti dia TIDAK LAYAK UNTUK DITAKUTI bahkan diagung2kan, pastinya dia hanyalah JIN, JIN KAFIR yg sengaja menampakkan diri, karena JIN MUSLIM tidak akan mau menampakkan dirinya di depan manusia, karena mereka pastinya tau kalau manusia diciptakan bukan untuk berhubungan, kenapa? karena JIN & MANUSIA punya dunia masing2,. di AL-Qur’an sudah dijelaskan kalau jin & manusia diciptakan bukan u/ bekerjasama dan mencampuri urusan masing2. & adapaun jin yg mau ikut campur urusan manusia pastinya dia telah melanggar AL-qur’an yg merupakan firman ALLAH.

    untuk para pemiliki hotel yg nyediain kamar buat nyi roro ngibul, saya mau nanya seberapa MULIA kah nyi roro Kidul sehingga ANDA lebih merasa lebih penting menyediakan tempat untuk nyi roro kidul daripada membuat tempat untuk Tuhan? apakah dia lebih sakti daripada Tuhan? apakah dia bisa mendatangkan bencana yang lebih dahsyat daripada Tuhan? daripada membuat tempat bwt nyi roro kidul yg sama sekali TIDAK BISA MEMBERIKAN MANFAAT ataupun AZAB, lebih baik mendirikan RUMAH untuk TUHAN YANG MAHA KUASA, MAHA MENGETAHUI & MAHA KEKAL. tidak ada satupun Yang gaib yang pantas diagung2kan selain TUHAN!!!!

    TIDAK ADA SATUPUN YANG GAIB yang PANTAS DIMULIAKAN selain ALLAH YANG MAHA ESA & YANG MAHA KUASA!!!!

  39. Untuk sang penulis saya sangat salut dengan kamu yang telah berhasil lulus cumlaude dalam menempuh pendidikan di Universitas Kemeruh Puol Fakultas Sok Tahu Jurusan Keminter.
    Saran saya setelah ini kamu harus melanjutkan kejenjang pendidikan yang lebih tinggi diuniversitas Ngengkel ambil jurusan Seneng Mbantah maka akan semakin sempurna kamu menjadi penulis Ngawur yang berhak mendapat pengharagaan Best Teler dari yayasan Mr.Mendem.Com

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s