Perbedaan Tuhan dengan Jin (Mahluk halus)

Ada seorang pengunjung yang salah paham dengan tulisan saya di blog ini:

salam kenal
saya juga tidak sependapat makhluk Allah yg satu itu ndak ada.
masalahnya juga kita belum bisa melihatnya…
tapi kalau tidak percaya ya gak papa..
yg jadi masalah apakah anda juga percaya bahwa Allah itu tidak ada karena cuma satu hal alasan karena tidak bisa melihatnya.
banyak uraian dan terjemahan serta tafsir saat ini jadi hati-hatilah jangan percaya begitu saja, coba baca lagi Alquran & hadits baca pula perkara turunnya dan hubungannya insyaallah kita mendapat pencahayaanNya…amien

Persamaan Tuhan dengan Mahluk Halus:

  • Tuhan tidak terlihat
  • Mahluk halus, setan, jin juga tidak terlihat

Perbedaan Tuhan dengan Mahluk Halus:

  • Tuhan bisa menciptkan bumi, langit dan manusia
  • Setan, Jin, Hantu tidak bisa menciptakan apa-apa, they can not create anything!

Saya pikir terlalu berlebihan bila kita percaya bahwa setan, jin dan hantu itu ada. Lha mereka sudah tidak terlihat, juga tidak bisa berbuat apa-apa, benar kan?  Buat apa anda percaya bahwa setan, jin dan hantu adalah “real”? Mengapa anda tidak menganggap bahwa kisah setan, jin dan hantu dalam Al Quran hanyalah kiasan atau dongeng saja? Ada gunanya tidak buat anda? Malah bikin tidur anda ketakutan tidak karuan, bukan?

Mengenai apa tujuan Allah menciptakan kisah iblis yang membangkang thd Adam, kisah jin dan setan, akan saya bahas pada tulisan terpisah.

8 responses to “Perbedaan Tuhan dengan Jin (Mahluk halus)

  1. untuk yg belum pernah mengalami sesuatu yang ganjil mungkin semua itu hanya fiktif, sebuah kebodohan saja, kenapa saya berbicara seperti ini … karna saya sendiri pernah mengalami nya dan hampir meninggal kejadian ini sewaktu saya smp kelas 2 setelah adzan ashar di jatiwangi bertempat di rumah nenek. pertama kali pengalaman dalam dunia gaib sejak sd kelas 5 yang ngga pernah takut dengan sesuatu yang gaib saat itu sedang puasa saya habis maen di pasar sambil nunggu sahur terus saya pulang ke rumah dengan jalan kaki dan lumayan cukup jauh untuk kerumah, saya berjalan melewati pemakaman karna rasa keinginan tahuan tentang dunia gaib yang hanya hisapan jempol belaka. di saat melewati pemakaman terdengar suara suara aneh dan saya mencari nya yang ternyata suara yang timbul akibat kucing dan tikus lalu saya melanjutkan kembali perjalanan dan masuk ke gang kecil yang agak menanjak.

    sambil nyanyi nyanyi kecil dan hati gembira saya di kaget kan dengan sebuah asap yang keluar dari jalan depan rumah entah kenapa kaki saya ngga bisa melangkah ngga berapa lama asap itu menjadi sebuah wujud seperti yang kita kenal pocong ” tapi ngga loncat loncat ” sosok itu terus terbang ke atas sampe atap rumah yang loteng lalu menghilang sekujur tubuh kaku ngga bisa teriak ato lari seperti dalam film film horor.

    sejak kejadian itu saya menjadi penakut apa lagi kalo sudah maghrib harus di temenin ke kamar mandi pun harus di temanin sampe kelas 3 smp , alhamdullilah skr saya ngga menjadi penakut lagi seperti dolo lagi.

    jika sob ngga percaya dengan hal itu adalah hak sob … justru sob harus lebih bersyukur lagi belum pernah mengalami hal seperti itu bukan.

    kalo saya pribadi ngga pengen mengenal dunia gaib dan bertemu dengan hal yang gaib … karna takut di bilang stress ato gila. sampai skr ini pun masih mengalami nya walo pun tidak seperti dolo yang menjadi seorang penakut.

    karna saya yakin mereka juga mahluk ciptaan sang pencipta. ini yang membuat saya menjadi lebih berani lagi karna saya lebih takut dengan kesalahan saya sendiri dan takut akan sang pencipta.

  2. Bung! Kita WAJIB mempercayai adanya Jin, Setan, Atau Iblis sebagai salah satu Rukun Iman percaya pada yang Gaib.. Jelas itu bukan dongeng karena tertulis dalam Al-Qur’an, kecuali jika Anda menganggap Al-Qur’an adalah hanya buku dongeng.. Tentu Gambaran Jin, Setan dan Iblis adalah berbeda dengan Visualisasi di film2 Horor! Dan ingat, Al-Qur’an bukan Novel horor! walaupun ada mengisahkan tentang Jin, Setan, Dan Iblis gag ada tuh tata-bahasanya yang menyeramkan🙂.. Jadi kita wajib percaya bahwa Jin setan dan Iblis memang ada, tapi bukan untuk ditakuti (coba mainset nya diubah dulu, Jin di Al-Qur’an Setan menyeramkan di Film Horor)

  3. Apakah dalam islam dibolehkan membandingkan dan menyamakan Allah SWT dgn makhluk-Nya? Maaf, apa anda seorang muslim?

  4. ehmmm perlu di ingat hai sobat ingatlah ayat ini
    Al Baqarah ayat 2 dan 3yang br bunyi
    2. Kitab[11] (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa[12],
    3. (yaitu) mereka yang beriman[13] kepada yang ghaib[14], yang mendirikan shalat[15], dan menafkahkan sebahagian rezki[16] yang Kami anugerahkan kepada mereka.
    itu anda perlu pahami itu perlu bagi anda yang berpikir setan dan hanyalah halusinasi..

  5. Bang, bukankah Al Qur’an itu semua isinya mengandung makna? Bagaimana bisa anda bilang itu hanya dongeng saja??

    Jin, setan, iblis dan mahluk sejenisnya itu jelas ada, Allah sendiri yang menjelaskannya dalam Al Qur’an. Dan perlu diingat, keberadaan mereka bukan lantas membuat kita takut karena selayaknya kita hanya perlu takut pada Allah Robbul ‘Arbaab wa Mu’tiqur qobi. Yang berkuasa atas segalanya.

    Insya Allah, Dia akan menunjukkan pada anda betapa luas kuasaNya!

    ihdina wahdihu yaa Robbi, innaka ‘ala kulli syai’in qodir

  6. pemahaman anda keliru dan bahkan sesat, jin, setan, iblis, hantu ngk bisa anda bedakan bagaimana memahami ayat al-quran dgn baik. Mahluk yang diciptakan tuhan hanya ada tiga wujud : malaikat (cahaya), Jin (Api) dan manusia (tanah). Jin ada dua gol : Jin islam dan jin kafir. yang disebut setan adalah segala perbuatan yang yang menyimpang dari layar ilahi baik yang dilakukan manusia maupun jin. jika anda menulis ini sudah menyimpang, maka anda termasuk dalam perilaku setan. Iblis adalah raja dari segala raja perbuatan setan, dulu namanya Jin Izzazul, ia termasuk mahluk yang taat kepada Allah, karena kesombongan kepada Nabi Adam, ia dilaknat oleh allah dg sebutan iblis, sedangkan “Jaan” bapaknya Jin dan adam bapak manusia . segala wujud dari bayangan yang menakutkan (menggambarkan sosok setan) dan melakukan perbuatan terkutuk itulah disebut hantu. Kuntilanak, nyai loro kidul, sundel bolong, maulana syeh yusuf adalah contoh dari sosok jin kafir dan Islam. Jin memiliki kelebihan dari manusia, sesuai dengan permintaannya kepada allah swt diantaranya bisa berjalan ribuan kilo dalm hitungan detik, jin bisa melihat manusia tetapi umumnya manusia tdk dapat melihatnya ( hanya manusia khusus dapat melihat sosok jin ), jin bisa merobah bentuk : bisa hewan, buto cakil, dll sosok. Meskipun Jin memiliki kelebihan, hanya manusia diciptakan allah swt sebagai mahluk paling sempurna. Hakikat tuhan tidak dapat disamakan dengan mahluk apalagi jin, Tuhan memiliki wujud punya mata (maha melihat) telinga (maha mendengar), kaki (maha kuasa), tangan (maha mencipta), tapi jgn dipersepsikan seperti wujud tubuh fisik manusia, zat allah bukan materi yang kita miliki sebagai mahluk. allah dapat ditemui dgn wujud suci seperti malaikat dan itu perlu seizinNya, beda manusia dan jin yang memiliki wujud nafsu.

  7. Istilah ringkas supaya anda paham :
    Manusia dan Jin adalah sosok mahluk.
    setan adalah perilaku/perbuatan yang meyimpang.
    Hantu adalah wujud bayangan yang menakutkan
    Iblis adalah raja dari segala raja perbuatan setan, disebut juga raja jin kafir.
    Raja manusia kafir seperti : Tahta = Firaun, Harta = Karun.

  8. Maaf pak Irwan.. ya pemahaman anda masih dangkal dan perlu belajar lebih mendalam lagi.

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s